Kamis 23 Sep 2021 21:07 WIB

Sour Cream Lezat tetapi tak Sehat, Ini Gantinya

'Sour cream' merupakan bahan favorit untuk dijadikan bumbu atau topping.

Rep: Umi Nur Fadhilah/ Red: Nora Azizah
'Sour cream' merupakan bahan favorit untuk dijadikan bumbu atau topping.
Foto: Pixabay
'Sour cream' merupakan bahan favorit untuk dijadikan bumbu atau topping.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Sour cream atau krim pasteurisasi adalah bumbu lezat untuk makanan, seperti taco, sup, dan kentang panggang. Meskipun menjadi favorit pecinta kuliner, bahan untuk topping ini bukanlah makanan sehat. Menurut Healthline, krim pasteurisasi memiliki asam tinggi kalori dan lemak jenuh, serta tidak mengandung banyak nutrisi.

Untungnya, ada alternatif pengganti sour cream atau krim asam. Yoghurt Yunani menawarkan rasa krim asam yang tajam, bahkan memiliki tekstur yang serupa. Apalagi, susu fermentasi ini dikemas dengan manfaat kesehatan. Menurut Medical News Today, yogurt Yunani mengandung kalsium dan protein yang tinggi. Kedua nutrisi ini dapat meningkatkan kesehatan tulang, dan mengurangi risiko osteoporosis seiring bertambahnya usia.

Baca Juga

Protein dalam yogurt Yunani juga akan membuat Anda kenyang setelah makan daripada krim asam. "Yoghurt Yunani adalah protein portabel yang hebat dan juga dapat membantu Anda mengatasi rasa lapar," kata konselor nutrisi, Katherine Brooking dilansir Health Digest, Kamis (23/9).

Menurut sebuah penelitian terbaru yang dipresentasikan di konferensi tahunan Society for Endocrinology, yogurt Yunani juga dapat membantu melawan lemak perut. Para peneliti menemukan bahwa ketika protein dicerna dan dipecah, salah satu asam amino yang dihasilkan, yaitu fenilalanin dapat memicu hormon yang membantu mengurangi nafsu makan.

“Jika Anda ingin menurunkan berat badan atau mempertahankan berat badan Anda saat ini, yogurt Yunani adalah pilihan yang bagus,” ujar Brooking.

Yogurt mengandung probiotik hidup yang dapat meningkatkan kesehatan usus dan pencernaan. Konselor dari Tovita Nutritio, Leah Silberman mengatakan makan yogurt Yunani secara teratur dapat memberi usus nutrisi bakteri probiotik yang sehat. Makanan ini juga tinggi potasium dan vitamin B12. Nutrisi ini membantu menurunkan tekanan darah, menyeimbangkan kadar natrium, membantu pembentukan sel darah merah, dan menjaga otak Anda tetap sehat.

Saat memilih produk yogurt Yunani, penting untuk memilih produk yang tanpa pemanis, rendah lemak, dan tidak mengandung banyak aditif. Beberapa aditif mungkin diperlukan untuk pengawetan, tetapi daftar bahan total harus singkat. Anda dapat mengganti yogurt Yunani di makanan apa saja yang menggunakan krim asam. Aduk ke dalam sup, oleskan di taco, atau taruh sesendok ke kentang panggang.

Advertisement
Berita Terkait
Yuk Ngaji Hari Ini
يَحْلِفُوْنَ بِاللّٰهِ مَا قَالُوْا ۗوَلَقَدْ قَالُوْا كَلِمَةَ الْكُفْرِ وَكَفَرُوْا بَعْدَ اِسْلَامِهِمْ وَهَمُّوْا بِمَا لَمْ يَنَالُوْاۚ وَمَا نَقَمُوْٓا اِلَّآ اَنْ اَغْنٰىهُمُ اللّٰهُ وَرَسُوْلُهٗ مِنْ فَضْلِهٖ ۚفَاِنْ يَّتُوْبُوْا يَكُ خَيْرًا لَّهُمْ ۚوَاِنْ يَّتَوَلَّوْا يُعَذِّبْهُمُ اللّٰهُ عَذَابًا اَلِيْمًا فِى الدُّنْيَا وَالْاٰخِرَةِ ۚوَمَا لَهُمْ فِى الْاَرْضِ مِنْ وَّلِيٍّ وَّلَا نَصِيْرٍ
Mereka (orang munafik) bersumpah dengan (nama) Allah, bahwa mereka tidak mengatakan (sesuatu yang menyakiti Muhammad). Sungguh, mereka telah mengucapkan perkataan kekafiran, dan telah menjadi kafir setelah Islam, dan menginginkan apa yang mereka tidak dapat mencapainya; dan mereka tidak mencela (Allah dan Rasul-Nya), sekiranya Allah dan Rasul-Nya telah melimpahkan karunia-Nya kepada mereka. Maka jika mereka bertobat, itu adalah lebih baik bagi mereka, dan jika mereka berpaling, niscaya Allah akan mengazab mereka dengan azab yang pedih di dunia dan akhirat; dan mereka tidak mempunyai pelindung dan tidak (pula) penolong di bumi.

(QS. At-Taubah ayat 74)

Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement