Jumat 24 Sep 2021 06:57 WIB

Habib Ja'far Diabadikan Sebagai Nama Jalan di Kudus

Pencanangan nama jalan tersebut sebagai bentuk penghormatan atas jasa beliau.

Red: Ani Nursalikah
Habib Jafar Diabadikan Sebagai Nama Jalan di Kudus. Pengunjung berjalan di depan Masjid Menara Kudus, Kudus, Jawa Tengah.
Foto: ANTARA FOTO/Yusuf Nugroho
Habib Jafar Diabadikan Sebagai Nama Jalan di Kudus. Pengunjung berjalan di depan Masjid Menara Kudus, Kudus, Jawa Tengah.

REPUBLIKA.CO.ID, KUDUS -- Pemerintah Kabupaten Kudus, Jawa Tengah mencanangkan nama Habib Ja'far Al Kaff sebagai nama salah satu jalan sebagai bentuk penghormatan atas jasa ulama kharismatik asal Kudus tersebut.

Pencanangan nama jalan baru dari sebelumnya Jalan Masjid menjadi Jalan Habib Ja'far Al Kaff ditandai dengan pembukaan tirai nama jalan baru yang lokasinya berasa di di sisi barat Pendopo Kabupaten Kudus, Kamis (23/9).

Baca Juga

"Ini baru pencanangan nama jalan saja karena sesuai ketentuan nama tokoh bisa dijadikan nama jalan setelah lima tahun meninggal. Sedangkan Habib Ja'far sendiri tutup usia pada 1 Januari 2021," kata Bupati Kudus Hartopo, Kamis.

Saat ini masih tahap sosialisasi kepada masyarakat sehingga nantinya saat ditetapkan masyarakat sudah terbiasa dengan nama jalan baru tersebut. Ulama kharismatik dengan nama lengkap Habib Ja'far bin Muhammad bin Hamid bin Umar Al Kaff itu merupakan warga asli Kudus.

Almarhum juga sosok ulama yang tenang dalam berbicara dan mengajarkan masyarakat tentang cinta Tanah Air. "Beliau merupakan salah satu ulama besar yang menjadi panutan murid dan masyarakat di Kabupaten Kudus sehingga perlu diupayakan agar generasi penerus mengetahui perannya semasa hidup," ujarnya.

Baca juga : Circle of Excellence

Ia mengakui pencanangan nama Habib Ja'far menjadi nama jalan merupakan usulan keluarganya, namun tetap dirapatkan terlebih dahulu, kemudian permohonan tersebut bisa diterima dan diproses sesuai ketentuan perundang-undangan. Papan nama jalan kini ada dua karena sifatnya masih pencanangan sehingga nama Jalan Masjid masih tetap terpasang di sisi utara Masjid Agung Kudus bersamaan dengan nama baru Jalan Habib Ja'far Al Kaff.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement