Sabtu 25 Sep 2021 09:15 WIB

Richard Gere Ikut Teken Surat Terbuka Pemerataan Vaksin

Richard Gere termasuk salah satu aktor yang menyerukan upaya mengakhiri pandemi.

Rep: Farah Noersativa/ Red: Reiny Dwinanda
Aktor Richard Gere bergabung dengan puluhan selebritas untuk menyerukan agar pemimpin dunia memastikan distribusi vaksin yang merata.
Foto:

Dalam surat itu pula, disebutkan Covid-19 sekarang menjadi pandemi apatis buatan manusia. Fakta bahwa sebanyak dua persen orang di negara-negara berpenghasilan rendah hanya menerima dosis tunggal vaksin Covid-19, membuat mereka yang paling rentan di dunia menghadapi penyakit wabah itu tanpa perlindungan.

Situasi tersebut, menurut mereka, juga memungkinkan varian baru, seperti delta, muncul dan merusak kehidupan jutaan orang. Selebritas tersebut bergabung dengan CARE (sebuah organisasi kemanusiaan internasional yang memerangi kemiskinan global dan kelaparan dunia) untuk menyerukan para pemimpin global agar menyediakan tujuh miliar dosis vaksin sebelum akhir tahun 2021.

"Lalu, tujuh miliar dosis tambahan pada pertengahan 2022 untuk memvaksinasi penuh 70 persen dunia pada musim panas mendatang," tulis surat itu.

Untuk menyelesaikan pandemi Covid-19, mereka meminta masyarakat dunia juga harus berinvestasi dalam sistem pengiriman jarak jauh, pendidikan publik, dan petugas kesehatan garis depan untuk mendapatkan vaksin. Jutaan dosis bisa sia-sia karena negara-negara berpenghasilan rendah tidak memilikinya.

"Kita dapat menyelamatkan jutaan nyawa dan menghindari triliunan kerusakan ekonomi lebih lanjut dengan memenuhi momen ini dengan sumber daya dan kemauan politik yang diperlukan untuk mengakhiri Covid-19 untuk semua orang, di mana saja. Karena tidak ada dari kita yang aman sampai kita semua aman," tulis dia.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement