Ahad 26 Sep 2021 09:46 WIB

Santripreneur Camp 2021 Digelar di Mojokerto

Santri harus kaya dan maju, dunia akhirat, baru seimbang.

Red: Irwan Kelana
Santripreneur Indonesia menggelar Santripreneur Camp 2021 di Mojokerto pada 25-26 September 2021.
Foto: Dok santripreneur Indonesia
Santripreneur Indonesia menggelar Santripreneur Camp 2021 di Mojokerto pada 25-26 September 2021.

REPUBLIKA.CO.ID, MOJOKERTO --  Santripreneur Indonesia menggandeng PT Pupuk Indonesia untuk menyelenggarakan agenda Santripreneur Camp 2021 di Mojokerto pada 25-26 September 2021.  Kegiatan ini diikuti oleh 50 peserta yang berasal dari wilayah Provinsi Jawa Timur dengan menerapkan protokol kesehatan yang ketat.

Panitia menyeleksi peserta yang sudah melakukan vaksin pertama atau kedua untuk bisa mengikuti kegiatan ini. Sejatinya,  panitia harus menyeleksi peserta dari sekitar 300 pendaftar menjadi 50 peserta dikarenakan masih pandemi. Santripreneur Camp sudah terlaksana sejak tahun 2019, namun PADA  tahun 2020 tidak dapat terlakansa dikarenakan adanya pandemi Covid-19.

Santripreneur Camp merupakan kegiatan yang dinanti-nanti oleh para santripreneur di seluruh Indonesia setelah sebelumnya tahun 2019 sudah terlaksana di enam lokasi dengan masing-masing lokasi diikuti oleh 300 peserta.

“Kegiatan ini bertujuan untuk memberikan motivasi dan pandangan dasar bagi peserta tentang dunia wirausaha. Harapannya setelah mengikuti kegiatan ini, mindset peserta menjadi terbuka dan tertarik untuk terjun di dunia wirausaha,” kata KH  Ahmad Sugeng Utomo atau yang akrab dipanggil Gus Ut selaku inisiator dan ketua Dewan Pembina Santripreneur Indonesia.

Ia menambahkan, dalam kegiatan ini peserta tidak hanya bersenang-senang dalam kegiatan camping, namun juga ada transfer keilmuan tentang wirausaha santripreneur. Gus Ut menegaskan,  dalam pidato sambutannya bahwa mindset menjadi pengusaha harus ditanamkan sejak dini. 

Bukan setelah lulus kuliah, namun harus dari sedini mungkin meskipun masih menjadi pelajar atau mahasiswa. “Tidak apa-apa kalian masih jadi  pelajar atau masih kuliah, Justru itu bagus. Mental wirausaha kalian harus dibentuk sejak masih jadi pelajar, nanti setelah lulus ketika mental sudah terbentuk dan tahan banting, jalan kalian akan menjadi lebih mudah,” imbuh Gus Ut seperti dikutip dalam rilis yang diterima Republika.co.id.

Gus Ut juga menambahkan bahwa santripreneur camp ini akan terus dilaksanakan di wilayah lain karena santripreneur di provinsi lain sudah menunggu kehadiran santripreneur camp. Ia  mengharapkan akan muncul para santripreneur atau santri yang berwirausaha di daerah-daerah lain demi meningkatkan ekonomi nasional. “Santri harus kaya dan maju, dunia akhirat, baru seimbang,” ujarnya.

Dalam kegiatan ini peserta mendapatkan beberapa materi dasar tentang bisnis dan materi menjadi seorang mentor bisnis. Selain itu  ada juga kegiatan api unggun dan pensi serta senam di pagi hari. Peserta mengikuti kegiatan sangat semangat dan antusias.

Advertisement
Yuk Ngaji Hari Ini
وَيَوْمَ يَحْشُرُهُمْ جَمِيْعًاۚ يٰمَعْشَرَ الْجِنِّ قَدِ اسْتَكْثَرْتُمْ مِّنَ الْاِنْسِ ۚوَقَالَ اَوْلِيَاۤؤُهُمْ مِّنَ الْاِنْسِ رَبَّنَا اسْتَمْتَعَ بَعْضُنَا بِبَعْضٍ وَّبَلَغْنَآ اَجَلَنَا الَّذِيْٓ اَجَّلْتَ لَنَا ۗقَالَ النَّارُ مَثْوٰىكُمْ خٰلِدِيْنَ فِيْهَآ اِلَّا مَا شَاۤءَ اللّٰهُ ۗاِنَّ رَبَّكَ حَكِيْمٌ عَلِيْمٌ
Dan (ingatlah) pada hari ketika Dia mengumpulkan mereka semua (dan Allah berfirman), “Wahai golongan jin! Kamu telah banyak (menyesatkan) manusia.” Dan kawan-kawan mereka dari golongan manusia berkata, “Ya Tuhan, kami telah saling mendapatkan kesenangan dan sekarang waktu yang telah Engkau tentukan buat kami telah datang.” Allah berfirman, “Nerakalah tempat kamu selama-lamanya, kecuali jika Allah menghendaki lain.” Sungguh, Tuhanmu Mahabijaksana, Maha Mengetahui.

(QS. Al-An'am ayat 128)

Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement