Ahad 26 Sep 2021 15:42 WIB

Software Berlangganan akan Diminati pada 2023

Sebanyak 53 persen perusahaan software akan beralih ke model berlangganan.

Rep: Noer Qomariah Kusumawardhani/ Red: Nora Azizah
Sebanyak 53 persen perusahaan software akan beralih ke model berlangganan.
Foto: websoftwareqa.com
Sebanyak 53 persen perusahaan software akan beralih ke model berlangganan.

REPUBLIKA.CO.ID, ILLINOIS -- Menurut laporan dari Revenera, lebih dari setengah perusahaan perangkat lunak (software) berencana untuk beralih ke model berlangganan (subscription). Namun, pada saat yang sama, pendekatan satu ukuran untuk semua monetisasi atau strategi penyebaran tidak cukup untuk mengimbangi kebutuhan pelanggan yang bervariasi.

Pembeli perangkat lunak perlu mempertimbangkan bahwa ada permintaan yang tinggi untuk monetisasi hybrid dan model penerapan. Model monetisasi dominan saat ini (digunakan untuk lebih dari 51 persen bisnis mereka) adalah lisensi berlangganan (36 persen) dan terus-menerus (24 persen).

Baca Juga

Dilansir dari Venture Beat, Ahad (26/9), dalam 12 hingga 18 bulan mendatang, model berbasis langganan dan penggunaan akan menjadi dua kategori pertumbuhan terbesar untuk model monetisasi, dengan peningkatan penggunaan yang diantisipasi oleh masing-masing 53 persen dan 37 persen responden.

Selama dua tahun terakhir, alasan utama untuk mengubah model monetisasi perangkat adalah untuk menerapkan model pendapatan berulang (dilaporkan oleh 62 persen). Organisasi yang berencana mengubah model monetisasi melakukannya terutama untuk memasuki pasar atau pasar vertikal baru (dilaporkan oleh 62 persen); manajer produk lebih aktif dalam mengejar pasar vertikal, dengan 72 persen ingin melakukan langkah ini.

Motivator utama untuk mengubah kebijakan perizinan adalah untuk memberikan evaluasi sementara/try-before-you-buy (dilaporkan oleh 41 persen); tambahkan/tingkatkan penegakan otomatis (39 persen) dan tambahkan pengukur harga baru (34 persen). Namun, pemasok perangkat lunak harus mengejar tujuan menyelaraskan harga dan nilai.

Hanya 30 persen responden yang mengatakan bahwa harga dan nilai benar-benar selaras. Keyakinan dalam penyelarasan antara harga dan nilai melonjak secara signifikan untuk model monetisasi yang lebih akurat terkait dengan pengukuran penggunaan dan interaksi. Dari perusahaan yang dapat mengumpulkan data penggunaan sangat baik, 61 persen merasa bahwa penetapan harga selaras dengan nilai.

Laporan Revenera Monetization Monitor: Software Monetization Models and Strategies 2021 dirancang untuk mengetahui bagaimana perusahaan teknologi memonetisasi dan berencana untuk memonetisasi, perangkat lunak mereka. Itu dilakukan oleh Revenera dari pertengahan April hingga pertengahan Juni 2021 . 374 responden survei adalah direktur ke atas (33 persen), manajer/pemimpin tim (33 persen) dan kontributor/konsultan individu (34 persen).

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement