Sunday, 11 Rabiul Awwal 1443 / 17 October 2021

Sunday, 11 Rabiul Awwal 1443 / 17 October 2021

6 Manfaat yang Bisa Dipetik dari Mengonsumsi Jamur

Senin 27 Sep 2021 13:00 WIB

Rep: Haura Hafizhah/ Red: Reiny Dwinanda

Jamur tiram. Jamur kaya akan mikronutrien yang baik untuk kesehatan.

Jamur tiram. Jamur kaya akan mikronutrien yang baik untuk kesehatan.

Foto: Antara/Asep Fathulrahman
Jamur memiliki kandungan nutrisi yang baik untuk kesehatan secara umum.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA-- Jamur dianggap oleh banyak orang sebagai makanan super dan banyak manfaat. Meskipun rendah kalori, ada banyak nutrisi dalam jamur.

Selain mengandung banyak serat, jamur juga kaya akan vitamin, mineral, dan antioksidan. Karena profil nutrisinya yang itu, jamur dapat mendatangkan beragam manfaat bagi kesehatan.

Dilansir laman Eat This, Senin (27/9), berikut ini enam manfaat dari jamur untuk kesehatan:

1. Sumber vitamin D
Menurut satu ulasan yang melihat data dari 2011 sampai 2012, sebanyak 41,6 persen orang dewasa di Amerika Serikat kekurangan vitamin D. Sementara sumber alami terbaik vitamin D adalah sinar matahari, jamur disebut-sebut sebagai keajaiban untuk nutrisi penting.

Sebuah penelitian yang dilakukan di Australia belum lama ini menemukan bahwa jamur dapat menyediakan 50 sampai 100 persen kebutuhan vitamin D harian. Kekurangan vitamin D ada kaitannya dengan kelelahan, terganggunya kesehatan tulang, berkurangnya fungsi kekebalan, dan peningkatan risiko penyakit kronis termasuk jenis kanker tertentu.

Baca Juga

Menawarkan sejumlah besar vitamin D, jamur dapat membantu memerangi ini gejala yang berhubungan dengan defisiensi.

2. Kaya akan kandungan mikronutrien
Jamur kaya akan mikronutrien. Menurut sebuah penelitian baru-baru ini, menambahkan satu porsi jamur dapat membantu Anda memenuhi kebutuhan mikronutrien tanpa meningkatkan kalori, lemak, atau natrium.

3. Melawan peradangan
Jamur juga memiliki sifat antiinflamasi. Jamur kaya akan selenium, nutrisi yang bersifat antioksidan kuat yang membantu mengurangi peradangan. Jamur tiram, dibandingkan dengan variasi jamur lainnya, punya sifat antiinflamasi lebih banyak karena kandungan beta-glukan yang kaya.

Update Berita-Berita Politik Persepektif Republika.co.id
 
 
 
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

f
 

BERITA LAINNYA