Sunday, 11 Rabiul Awwal 1443 / 17 October 2021

Sunday, 11 Rabiul Awwal 1443 / 17 October 2021

Dokter Ungkap Tips Jaga Kesehatan Jantung Semasa Pandemi

Senin 27 Sep 2021 13:58 WIB

Red: Reiny Dwinanda

Kesehatan jantung (Ilustrasi). Hari Kesehatan Jantung Sedunia diperingati tiap 29 September.

Kesehatan jantung (Ilustrasi). Hari Kesehatan Jantung Sedunia diperingati tiap 29 September.

Foto: www.freepik.com.
Hari Kesehatan Jantung Sedunia diperingati tiap 29 September.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Perhimpunan Dokter Spesialis Kardiovaskular Indonesia (Perki) menyerukan masyarakat untuk mengaktifkan budaya sehat jantung dan menjalani vaksinasi Covid-19. Rekomendasi tersebut dikeluarkan sebagai salah satu langkah pencegahan dan penanggulangan penyakit kardiovaskular untuk orang sehat maupun orang dengan penyakit jantung di masa pandemi Covid-19.

"Tetap memiliki kesadaran dan aktif mempraktikkan kebiasaan dan budaya sehat jantung, seperti tetap beraktivitas fisik secara teratur sesuai dengan kemampuan kerja jantung dan tubuh," kata Sekretaris Jenderal Pengurus Pusat Perki Dr. dr. Dafsah Arifa Juzar, Sp.JP(K) dalam keterangan tertulis yang diterima Antara di Jakarta, Senin.

Selain itu, Perki juga mengingatkan pentingnya menghindari merokok dan asap rokok, menjaga kebersihan diri dan lingkungan, serta menerapkan protokol kesehatan jaga jarak, memakai masker, kebersihan tangan, membatasi mobilitas, dan menghindari makan bersama. Perki juga merekomendasikan untuk segera melakukan vaksinasi dengan sebelumnya terlebih dahulu berkonsultasi dan memperoleh rekomendasi dokter.

"Konsultasi bisa dilakukan dengan menggunakan fasilitas telekonsultasi yang banyak disediakan oleh rumah sakit maupun klinik kesehatan," ujar dr Dafsah.

sumber : Antara
BACA JUGA: Ikuti Serial Sejarah dan Peradaban Islam di Islam Digest , Klik di Sini
 
 
 
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

f
 

BERITA LAINNYA