Senin 27 Sep 2021 16:20 WIB

Perilaku Hidup tidak Sehat Picu Penyakit Jantung

Penyakit jantung erat kaitannya dengan gaya hidup dan pola makan.

Red: Reiny Dwinanda
Sakit jantung (ilustrasi). Ada beberapa  pemicu yang menjadi penyebab timbulnya penyakit jantung.
Foto:

Dalam kesempatan itu, Maxi juga menyampaikan, dalam pengendalian penyakit jantung, pemerintah melakukan upaya promotif, yakni meliputi pencegahan primer dan sekunder. Penyebaran informasi dan edukasi perlu digulirkan untuk meningkatkan kesadaran peran serta dari masyarakat.

photo
Kenali Pembunuh Diam-Diam Gagal Bernama Jantung Kongestif - (Republika)

Maxi mengemukakan, pencegahan primer meliputi pencegahan terhadap faktor risiko penyakit seperti pola makan tidak sehat, kurang aktivitas fisik, hingga berat badan berlebihan. Sementara pencegahan sekunder meliputi deteksi dini hingga skrining berkala.

Pemerintah, menurut Maxi, juga melakukan upaya preventif, kuratif, dan rehabilitatif melalui transformasi sistem kesehatan dalam pengendalian penyakit jantung di Indonesia. Dalam kesempatan sama, Ketua Umum Perhimpunan Dokter Spesialis Kardiovaskular Indonesia (PERKI) dr Isman Firdaus mengatakan, berdasarkan data Institute for Health Metrics and Evaluation (IHME) menyatakan penyebab penyakit kardiovaskular di Indonesia untuk penyakit jantung koroner (PJK) sebesar 14,4 persen di Indonesia.

"Penyakit ini kaitannya berhubungan dengan gaya hidup dan makan," katanya.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement