Senin 27 Sep 2021 18:59 WIB

Kemajuan Teknologi, Milenial Wajib Cakap Literasi Digital

UBSI salah satu PTS di Jakarta yang mendukung upaya peningkatan SDM bidang IT

Red: Hiru Muhammad
Kemajuan bidang teknologi digital dan pendidikan yang beralih seketika dengan pendidikan online, membuat generasi muda semakin erat kesehariannya dengan teknologi. Penggunakan teknologi digital harus sesuai dengan kebutuhan generasi muda.
Foto: istimewa
Kemajuan bidang teknologi digital dan pendidikan yang beralih seketika dengan pendidikan online, membuat generasi muda semakin erat kesehariannya dengan teknologi. Penggunakan teknologi digital harus sesuai dengan kebutuhan generasi muda.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA--Kemajuan bidang teknologi digital dan pendidikan yang beralih seketika dengan pendidikan online, membuat generasi muda semakin erat kesehariannya dengan teknologi. Penggunakan teknologi digital harus sesuai dengan kebutuhan generasi muda. 

Oleh sebab itu,  literasi digital selayaknya dapat mendidik kepribadian bangsa terutama generasi mudanya. Literasi digital merupakan dasar pengetahuan yang didukung oleh  tekonologi informasi yang saling terhubung dengan tujuan untuk memahami bagian penting dalam literasi digital dan prosedur literasi terhadap generasi muda harapan bangsa.

Universitas Bina Sarana Informatika (UBSI) adalah salah satu perguruan tinggi swasta (PTS) di Jakarta, yang selalu mendukung kegiatan pemerintah untuk meningkatkan sumber daya manusia (SDM) khususnya di bidang IT. Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat Universitas BSI  Fakultas Teknologi Informasi, menyelenggarakan kegiatan pengabdian Masyarakat dengan tema ‘Pelatihan  Literasi  Digital Generasi Muda Karang Taruna’ Rusun Rawa Buaya Jakarta Barat, melalui zoom meeting, pada Sabtu (18/09).  

Agus Junaidi selaku ketua pelaksana kegiatan pengabdian, menuturkan bahwa meski saat ini kondisi belum pulih secara normal dari Covid-19, namun, tidak menghalangi niat dan kemauan peserta dalam mengenal dunia literasi digital. 

Oleh karena itu, katanya, dengan dilaksanakanya pengabdian masyarakat dapat menambah pengalaman dan pengetahuan tentang literasi digital. Perkembangan dunia digital yang sangat cepat, membuat semua orang untuk mempelajari teknologi serta menggunakannya  semaksimal mungkin.

“Pentingnya pengetahuan tentang literasi digital bagi generasi muda, dalam hal ini panitia, ingin berbagi pengalaman dan sharing ilmu bersama dengan para anggota karang taruna. Semoga kedepannya dapat berlanjut dengan materi lain yang lebih menarik lagi dan lebih edukatif yang bisa menambah wawasan dan pengetahuan bagi generasi muda,” ujar Agus dalam keterangan tertulis Senin (27/9).

Ine Aulia, salah satu peserta mengungkapkan, dengan mengikuti kegiatan pelatihan ini dirinya dapat lebih mengenal wawasan dan memiliki pola pandang yang kreatif serta inovatif dimana hal ini sangat dibutuhkan dalam suatu pekerjaan. 

“Saat ini permintaan yang memiliki kecakapan digital sangat dibutuhkan dalam pekerjaan yang memiliki  kemampuan digital tinggi yang siap bersaing tidak hanya ditingkat nasional namun juga level internasional,” jelas Ine.

 

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement