Selasa 28 Sep 2021 11:30 WIB

'Squid Game' Dituduh Plagiat Film Jepang As The Gods Will

Sang sutradara menyebut skrip 'Squid Game' telah dikerjakan sejak 2008.

Rep: Umi Nur Fadhilah/ Red: Qommarria Rostanti
Drama 'Squid Game' dituduh plagiat film Jepang berjudul As The Gods Will.
Foto: Netflix
Drama 'Squid Game' dituduh plagiat film Jepang berjudul As The Gods Will.

REPUBLIKA.CO.ID, SEOUL -- Pemirsa serial Netflix, “Squid Game”, memperhatikan bahwa K-drama itu memiliki beberapa adegan dan alur cerita yang mirip dengan film Jepang 2014 berjudul As The Gods Will. Plot dari kedua pertunjukan itu melibatkan pertandingan survival death menggunakan permainan masa kanak-kanak dan ada juga kesamaan dalam filmografi seperti bidikan close-up kepala boneka raksasa dan adegan jam hitung mundur.

“Squid Game” yang ditayangkan perdana di layanan streaming pada 17 September, telah mengumpulkan sambutan hangat dan menjadi tren daring. K-drama itu dibintangi oleh Lee Jung-jae, Park Hae-soo, dan Jung Ho-yeon.

Seri sembilan episode itu mengikuti sekelompok orang putus asa yang harus memainkan versi permainan masa kecil mereka untuk mendapatkan kesempatan memenangkan 45,6 miliar won (sekitar Rp 549 miliar). Sutradaranya, Hwang Dong-hyuk, terkenal karena film 2011 Silenced, berdasarkan kisah nyata tentang pelecehan siswa tunarungu di Korea Selatan.

Dia sebelumnya telah menyebutkan bahwa skrip untuk “Squid Game” telah dikerjakan sejak 2008 hingga 2009, tetapi ditunda karena kurangnya minat, sampai Netflix datang satu dekade kemudian.

"Memang benar (pertandingan pertama) serupa, tetapi setelah itu, tidak ada kesamaan,” kata Hwang Dong-hyuk terkenal karena film 2011 Silenced, dalam konferensi pers dilansir The Star, Selasa (28/9).

Dia menunjukkan bahwa As The Gods Will dibuat pada 2010-an, setelah ide awalnya untuk “Squid Game”, yang datang kepadanya setelah membaca banyak manga tentang genre survival. "Tetapi jika saya harus mengatakannya, saya akan mengatakan bahwa saya melakukannya terlebih dahulu,” ujarnya. 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement