Selasa 28 Sep 2021 13:01 WIB

Perbedaan Dosis Ketiga dan Booster Vaksin Covid-19

Di AS, dosis booster vaksin Covid-19 diberikan secara terbatas.

Rep: Farah Noersativa/ Red: Reiny Dwinanda
Vaksin Covid-19 Pfizer-BioNTech. Dosis booster berbeda dengan dosis ketiga vaksinasi Covid-19.
Foto:

Di Amerika Serikat, vaksin booster saat ini hanya diperuntukkan bagi mereka yang berada di kelompok yang memenuhi syarat yang sebelumnya menerima vaksinasi Covid-19 Pfizer. Suntikan booster untuk vaksin Moderna dan Johnson & Johnson belum disetujui, dan hanya ada sedikit data tentang efek mix n match vaksin tersebut dengan pemberian vaksin Pfizer sebagai booster.

Patel mengatakan, masyarakat sebaiknya tidak mendapatkan vaksin dari pengembang yang berbeda jika mereka sebelumnya menerima suntikan Moderna atau J&J. Namun, dia merekomendasikan suntikan booster Pfizer untuk pasien berisiko tinggi di panti jompo yang awalnya mendapatkan suntikan Moderna. Jadi mungkin ada pengecualian jika seseorang benar-benar membutuhkan peningkatan kekebalan.

"Jika Anda mendapatkan J&J atau Moderna dan Anda berusia di atas 65 tahun dengan kondisi berisiko tinggi tertentu, bicarakan dengan dokter Anda (tentang mendapatkan suntikan booster Pfizer)," kata Patel.

Ketiga suntikan tetap melindungi dari penyakit serius, rawat inap, dan kematian akibat Covid-19. Oleh sebab itu, Ban menekankan bagi mereka yang berada dalam kelompok yang memenuhi syarat untuk suntikan booster tidak perlu khawatir karena mereka menunggu suntikan booster Moderna dan J&J menerima persetujuan.

"Sangat penting bagi semua orang untuk mengetahui bahwa mereka tercakup dalam vaksin dosis pertama, jadi mereka baik-baik saja," katanya.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement