Rabu 29 Sep 2021 20:32 WIB

Dokter Perlihatkan Kerusakan Gigi Akibat Merokok

Merokok memiliki banyak dampak buruk, termasuk bagi kesehatan gigi dan mulut.

Rep: Desy Susilawati/ Red: Reiny Dwinanda
Penampakan gigi seorang perokok.
Foto: Tangkapan layar
Penampakan gigi seorang perokok.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Seberapa besar dampak merokok pada kesehatan gigi? Lewat video yang diunggah ke TikTok, dr Maryam Hadian memperlihatkan kerusakan yang ditimbulkan oleh kebiasaan merokok pada gigi.

Dalam video tersebut, gigi pasien dr Hadian tampak bernoda. Bukan kuning, melainkan cokelat tua!

Baca Juga

Bagian belakang dari dua gigi bawah depan pasien dr Hadian hampir sepenuhnya tertutup noda cokelat tua. Dilansir laman The Sun, video dr Hadian juga memperlihatkan beberapa gigi menghitam karena membusuk.

Di video yang sama, tampak ada benjolan kecil di bawah lidah pasien. Namun, dr Hadian yang praktik di Le Chic Dentist di Los Angeles, Amerika Serikat tidak menjelaskan benjolan itu.

Dr Hadian kemudian menggosok gigi pasiennya dengan alat khusus. Bagaimana hasilnya?

Gigi pasien memang terlihat lebih bersih, tetapi tidak kembali putih. Video dr Hadian mendapat lebih dari setengah juta likes. Meski begitu, banyak yang meninggalkan komentar bahwa bukan merokok yang menyebabkan perubahan warna gigi, melainkan jarang menyikatnya.

Nikotin dan tar dalam tembakau diketahui dapat membuat gigi menjadi kuning dalam waktu sangat singkat. Perokok berat bahkan dapat melihat gigi mereka menjadi cokelat atau abu-abu setelah bertahun-tahun merokok.

Advertisement
Yuk Ngaji Hari Ini
وَمِنَ النَّاسِ مَنْ يَّتَّخِذُ مِنْ دُوْنِ اللّٰهِ اَنْدَادًا يُّحِبُّوْنَهُمْ كَحُبِّ اللّٰهِ ۗ وَالَّذِيْنَ اٰمَنُوْٓا اَشَدُّ حُبًّا لِّلّٰهِ ۙوَلَوْ يَرَى الَّذِيْنَ ظَلَمُوْٓا اِذْ يَرَوْنَ الْعَذَابَۙ اَنَّ الْقُوَّةَ لِلّٰهِ جَمِيْعًا ۙوَّاَنَّ اللّٰهَ شَدِيْدُ الْعَذَابِ
Dan di antara manusia ada orang yang menyembah tuhan selain Allah sebagai tandingan, yang mereka cintai seperti mencintai Allah. Adapun orang-orang yang beriman sangat besar cintanya kepada Allah. Sekiranya orang-orang yang berbuat zalim itu melihat, ketika mereka melihat azab (pada hari Kiamat), bahwa kekuatan itu semuanya milik Allah dan bahwa Allah sangat berat azab-Nya (niscaya mereka menyesal).

(QS. Al-Baqarah ayat 165)

Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement