Kamis 30 Sep 2021 01:19 WIB

Amazon Luncurkan Robot Rumah Tangga

Astro, robot rumah tangga pertama yang ditenagai oleh teknologi rumah pintar Alexa.

Rep: Idealisa Masyrafina/ Red: Dwi Murdaningsih
Astro, robot rumah tangga keluaran Amazon
Foto: amazon
Astro, robot rumah tangga keluaran Amazon

REPUBLIKA.CO.ID, NEW YORK -- Amazon meluncurkan Astro, robot rumah tangga pertama yang ditenagai oleh teknologi rumah pintar Alexa. Perusahaan mengatakan robot itu dapat dikendalikan dari jarak jauh saat tidak di rumah. Robot bisa dimanfaatkan untuk memeriksa hewan peliharaan, orang, atau keamanan rumah.

Astro juga dapat berpatroli di rumah secara otomatis dan mengirim pemberitahuan kepada pemilik jika mendeteksi sesuatu yang tidak biasa. Dilansir di BBC, Rabu (29/9), Amazon mengatakan bahwa robot itu lebih dari 'Alexa dengan roda' dan telah diprogram dengan berbagai gerakan dan ekspresi untuk memberikan kepribadian.

 

Perusahaan menunjukkan meminta Astro untuk beatbox, dan robot itu menundukkan kepalanya dan membuat ekspresi saat memainkan ketukan hip-hop.

 

Amazon juga ingin mengatasi masalah privasi. Dikatakan Astro bisa diatur dengan zona "out of bounds", sehingga tidak bisa masuk ke area tertentu, atau bisa disetel "do not disturbs". 

 

Robot ini juga dilengkapi tombol untuk mematikan kamera dan mikrofon, meskipun kehilangan kemampuannya untuk bergerak saat dimatikan.

 

Robot kecil ini juga dilengkapi dengan kamera periskop yang dapat diperpanjang yang muncul dari kepalanya. Amazon menunjukkan contoh penggunaannya untuk memeriksa apakah kompor gas tertinggal setelah meninggalkan rumah.

 

Raksasa teknologi dan ritel itu menyarankan bahwa robot seharga 999,99 dolar AS (Rp 14,3 juta) dapat membantu orang tua.

 

"Astro adalah langkah berani oleh Amazon, tetapi langkah logis mengingat keahliannya dalam robot dan keinginan untuk menjadi lebih terintegrasi ke dalam kehidupan sehari-hari konsumen," kata Ben Wood, kepala analis di CCS Insight.

 

Tidak seperti beberapa pesaingnya, Amazon bersedia membawa produk yang sangat eksperimental ini ke pasar dan melihat bagaimana reaksi pelanggan.

 

"Menawarkan produk yang menyerupai sesuatu dari novel fiksi ilmiah memposisikan Amazon sebagai perusahaan yang inovatif di mata konsumen dan investor," kata Wood.

 

Robot itu akan dikirim akhir tahun ini, kata Amazon, tetapi hanya di AS. Setelah peluncuran awal yang terbatas, harganya akan naik menjadi 1.449,99 (Rp 20,73 juta).

 

"Saya yakin robot Astro akan terjual habis dalam beberapa menit ketika tersedia di pasar AS," kata Wood.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement