Fakhri Husaini dan Tim Sepak Bola Aceh di PON XX Papua

Fakhri Husaini membesut  tim sepak bola Aceh pada PON XX Papua.
Fakhri Husaini membesut tim sepak bola Aceh pada PON XX Papua.
Foto: ANTARA FOTO

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Pentas Pekan Olahraga Nasional (PON) XX Papua tidak hanya disemarakan oleh sejumlah atlet nasional atau bahkan dunia. Sejumlah pelatih ternama juga menghiasi PON 2021, salah satunya Fakhri Husaini dari cabang olahraga sepak bola.

Pelatih kelahiran Lhokseumawe, Aceh ini sukses menorehkan prestasi bersama Timnas U-16 Indonesia. Pada 2018, Fakhri membawa Indonesia menjuarai Piala AFF U-16 untuk kali pertama.

Ia juga berhasil mengantarkan Timnas U-16 Indonesia lolos ke babak perempat final Piala Asia U-16 2018 untuk kali pertama dalam 28 tahun. Selain itu, pelatih berusia 56 tahun tersebut membawa Timnas U-16 Indonesia meraih gelar juara pada turnamen Piala Tien Phong Plastic 2017 di Vietnam serta Jenesys U-16 2018 di Jepang.

Lalu, bagaimana kiprah Fakhri bersama tim sepak bola Aceh di arena PON XX Papua. Seperti dikutip dari Antara, Fakhri sempat kecewa dengan penampilan Aceh di laga perdana Grup C PON XX Papua di Stadion Barnabas Youwe, Kabupaten Jayapura, Selasa.

''Semua pemain tidak bermain dalam kondisi terbaiknya,'' kata Fakhri. ''Secara fisik, kami juga kalah militan dari Sulawesi Utara.''

Fakhri mengakui timnya bermain kurang militan ketika menghadapi Sulawesi Utara. Aceh kalah dengan skor tipis 1-2 melalui gol dari Brayen Pondaag dan Maulana Mugama. Skuat Fakhri Husaini hanya bisa membalas lewat gol Muzakir.

Ia menyerukan timnya segera melupakan kekalahan tersebut guna menghadapi laga selanjutnya menghadapi Kalimantan Timur di pertandingan kedua Grup C. Laga digelar di Stadion Barnabas Youwe, Kabupaten Jayapura, pada Senin (4/10) pukul 15.00 WIT.

"Kami masih ada satu pertandingan lawan Kaltim. Kami akan coba memperbaiki permainan saat pertandingan nanti melawan Kaltim. Kami akan secepatnya melupakan kekalahan ini," ujar Fakhri. "Secepatnya kami akan melakukan evaluasi dan mempersiapkan yang terbaik ketika kami berhadapan dengan tim PON Kaltim.''

Saat ini Aceh tercatat berada di posisi ketiga Grup C tanpa raihan poin. Sementara, puncak klasemen diisi oleh Sulawesi Utara dengan tiga poin.

Kalimantan Timur, yang belum bermain sama sekali karena Bengkulu tidak mengirimkan timnya, berada di posisi kedua Grup C. Aceh setidaknya perlu meraih kemenangan ketika berhadapan dengan Kaltim untuk bisa lolos ke babak enam besar. Di pertandingan terakhir, Aceh dipastikan tidak akan berlaga karena Bengkulu tidak hadir.

Komentar

Terkait


Cabang olahraga judo merupakan salah satu cabor yang dipertandingkan di Kabupaten Mimika, Papua, pada perhelatan PON XX Papua.

Bangganya Masyarakat Mimika Jadi Tuan Rumah PON

Atlet Judo Putra Papua, Ilham Fadillah (biru) saat menghadapi atlet Kalimantan Barat, Beta Awari, dalam nomor final kelas 55 kg PON XX Papua di GOR Emeneme, Timika, Rabu(29/9).

Berkat Masyarakat Papua, Ilham Sumbang Emas Judo

Atlet sepatu roda putra Jawa Timur Jitasabha Nikko (kiri) dan atlet sepatu roda DKI Jakarta Yonatan Lovertus Reinhartta (kanan) memacu kecepatannya pada Elimination 10.000 meter putra PON Papua di Arena Klemen Tinal Roller Sport, Kota Jayapura, Papua, Rabu (29/9/2021). Atlet sepatu roda putra DKI Jakarta Yonatan Lovertus Reinhartta berhasil meraih medali emas dengan catatan waktu 16 menit 20,778 detik sementara medali perak diraih atlet sepatu roda putra Jawa Timur Jitasabha Nikko Amrullah (16 menit 21,865 detik) dan medali perunggu diraih atlet sepatu roda putra Jawa Barat Elvio Augurius (16 menit 34,678 detik).

Empat Emas Sepatu Roda Terbagi Rata pada Kamis

Judoka DKI Jakarta Qori Amrullah menunjukkan medali emasnya usai menang melawan judoka Jawa Barat Iksan Apriyadi (kanan) dalam babak final nomor 73 kilogram putra judo PON Papua di Graha Eme Neme Yauware, Timika, Kabupaten Mimika, Papua, Kamis (30/9/2021). Qori Amrullah menang dalam pertandingan itu sekaligus meraih medali emas, sementara medali perak diraih Iksan Apriyadi dan medali perunggu diraih judoka Jawa Tengah Christian Hadi dan judoka Bali I Kadek Adi Wirawan.

H-2 Pembukaan, DKI Masih Pimpin Klasemen Medali PON XX Papua

Pelatih tim basket 5x5 putra Jawa Barat Ricky Gunawan memberikan instruksi.

Coach Ricky Sebut Penampilan Tim Basket Putra Jabar Membaik

Kontak Info

Jl. Warung Buncit Raya No 37 Jakarta Selatan 12510 ext

Phone: 021 780 3747

[email protected] (Marketing)

Ikuti

× Image