Clock Magic Wand Quran Compass Menu

Masjid-masjid di Jerman Siap Gelar Open Mosque Day

Muslim di Jerman berusaha dekatkan masjid ke publik.

Red: Muhammad Subarkah
Rep: Andrian Saputra
Masjid Al-Quds Hamburg, Jerman.
Google.com Masjid Al-Quds Hamburg, Jerman.

IHRAM.CO.ID,BERLIN ---  Masjid-masjid di seluruh Jerman akan membuka pintunya bagi siapapun yang ingin mengenal lebih dekat tentang Islam. Open Mosque Day, inilah hari di mana setiap masjid di seluruh Jerman akan  menyambut semua lapisan masyarakat dengan berbagai kegiatan yang diselenggarakan.  

Open Mosque Day berlangsung tahunnya yang jatuh setiap pada 3 Oktober. Ini juga sebagai peringatan  penyatuan kembali Jerman. Sebab itu Open Mosque Day melambangkan  persatuan umat Islam dan budaya Jerman. Sehingga muncul rasaa solidaritas dan rasa hormat yang merupakan tujuan dari acara tersebut.

Seperti dilansir Iam Expat pada Jumat (1/10) nantinua setiap masjid di Jermannakan berpartisipasi menyambut semua lapisan masyarakat untuk masuk dan melihat-lihat. Setiap masjid juga mengadakan tur, ceramah, dan pameran berpemandu. 

Bahkan ada kesempatan untuk mencicipi makanan lezat, dengan hidangan dan makanan ringan dari berbagai negara di  Asia Selatan, Balkan, dan Afrika Sub-Sahara. Tentu saja, makanan ringan Turki juga sangat disukai di Jerman dan kemungkinan besar akan ditampilkan selama Open Mosque Day.

Ini adalah hari untuk terbuka terhadap perspektif yang berbeda, untuk bertemu orang-orang Muslim dan mengagumi keindahan arsitektur dan pernak pernik dari struktur masjid yang megah. Pengunjung di berbagai kota di Jerman akan memiliki kesempatan untuk bertanya tentang Islam dan kehidupan sehari-hari umat Islam. Acara ini dibuka untuk segala usia dan orang tua sering membawa anak-anak mereka untuk mengunjungi masjid.

Sejatinya acara ini diselenggarakan oleh Dewan Pusat Muslim di Jerman.  Lebih dari 1.000 masjid dibuka untuk umum selama Open Mosque Day. Dan acara tersebut biasanya menarik sekitar 10.000 pengunjung di seluruh negeri. 

Tahun ini kemungkinan akan menjadi Open Mosque Day yang berbeda dengan kerumunan yang lebih kecil, karena langkah-langkah keamanan, kebersihan, dan jarak sosial yang diterapkan untuk membantu mencegah penyebaran virus corona. 

 

BACA JUGA: Ikuti Serial Sejarah dan Peradaban Islam di Islam Digest , Klik di Sini

Berita Lainnya

Berita Terkait

Jerman Usulkan Kontribusi Indonesla Pelatihan Imam di Eropa

masjid - 09 December 2020, 14:57

Muslim Berlin Jalankan Shalat Jumat di Gereja St Martha

internasional-inpicture - 24 May 2020, 01:02

Muslim Jerman Siap Kembali ke Masjid Usai Lockdown

eropa - 09 May 2020, 04:40

Berita Rekomendasi

Video

>

Berita Terpopuler

>