Tuesday, 23 Syawwal 1443 / 24 May 2022

Tuesday, 23 Syawwal 1443 / 24 May 2022

HUT TNI, Sirkuit Internasional Muba gelar Event Bersepeda

Sabtu 02 Oct 2021 10:29 WIB

Red: Ichsan Emrald Alamsyah

Bupati Muba Dodi Reza Alex Noerdin Sabtu (2/10) di sirkuit Mini Catalunya tersebut resmi membuka kegiatan Skyland Criterium, Latihan Bareng dan Simulasi Lomba Balap Sepeda

Bupati Muba Dodi Reza Alex Noerdin Sabtu (2/10) di sirkuit Mini Catalunya tersebut resmi membuka kegiatan Skyland Criterium, Latihan Bareng dan Simulasi Lomba Balap Sepeda

Foto: Pemkab Muba
ISSI Sumsel dan Kodim 0401 Muba menggelar event sepeda di HUT ke-76 TNI

REPUBLIKA.CO.ID, MUSI BANYUASIN -- Setelah sukses menyelenggarakan event kejurnas Motoprix pada September 2021, Pemerintah Kabupaten Musi Banyuasin juga menyokong digelarnya event bergensi di sirkuit Internasional Skyland. 

Kali ini event yang digelar adalah balap sepeda. Tepat, Sabtu (2/10) sirkuit Mini Catalunya tersebut dilaksanakan kegiatan Skyland Criterium, Latihan Bareng dan Simulasi Lomba Balap Sepeda.

Bupati Muba Dodi Reza Alex Noerdin yang membuka secara langsung mengatakan diselenggarakannya lomba tersebut dalam rangka memperingati Hari Ulang Tahun TNI ke-76, yang jatuh pada tanggal 5 Oktober.

"Kita membuat sebuah event yang belum pernah dilakukan sebelumnya di Indonesia yaitu lomba atau balap sepeda tipe Criterium ini di sirkuit internasional. Jadi sirkuit ini memang multifungsi, kita pernah mengadakan event-event tingkat nasional maupun internasional disini, seperti Kejurnas Motoprix, Kejuaraan Asia Supermoto, termasuk juga Slalom dan drag race," kata Bupati Dodi, Sabtu (2/10). 

Pembina Olahraga Terbaik se Indonesia ini berikan apresiasi atas inisiasi Kodim 0401 Muba, bekerjasama dengan ISSI Sumsel, ISSI Muba dan Dispopar untuk melaksanakan lomba balap sepeda tersebut.

"Persembahan ini dari TNI untuk masyarakat, guna mendekatkan insan olahraga kepada pemerintah juga institusi, TNI khususnya dalam memasyarakatkan olahraga," ujarnya.

Selain itu dikatakannya event tersebut menjadi contoh kedepan, bagaimana sebuah event olahraga menerapkan protokol kesehatan yang ketat.

"Jadi sebuah event yang diorganisir Kodim 0401 Muba, ISSI Sumsel, ISSI Muba, Dinas Pemuda Olahraga dan Pariwisata, untuk menerapkan standar protokol kesehatan. Inilah modal event bisa berjalan ditengah masa pandemi COVID-19 saat ini yang harus kita lalui bersama," imbuhnya.

Kedepan lanjut Dodi, dengan adanya simulasi lomba hari ini Pemkab Muba akan mengadakan event yang lebih besar tingkat nasional maupun internasional dengan bekerjasama antara ISSI Sumsel dan ISSI Muba.

"Karena kita punya fasilitas bisa dipergunakan secara gratis asal mengikuti peraturan dan protokol yang berlaku," tandas Bupati Muba.

Sementara Dandim 0401 Muba Letkol Arh Fariz Kurniawan, menyebutkan lomba ini merupakan kerjasama antara Kodim 0401 Muba didukung penuh Pemkab Muba dalam hal ini Dispopar Muba, ISSI Muba dan ISSI Sumsel, dalam rangka memperingati HUT TNI ke-76.

"Kegiatan ini baru pertama kalinya, balap sepeda yang dilaksanakan di lintasan balap motor permanen, oleh karena itu event ini dinamakan Skyland Criterium. Ini menjadi event yang pertama dilaksanakan, inovasi dari Kodim 0401 Muba, ISSI dan Pemkab Muba dengan memanfaatkan fasilitas sarana olahraga yang ada untuk kemajuan olahraga masyarakat.

Adapun untuk peserta, ia mengungkapkan ada sekitar 142 orang atlet ikut berpartisipasi berasal dari provinsi Jambi, Sumatera Barat, Bengkulu, dan 14 kabupaten kota dalam Provinsi Sumsel.

"Alhamdulillah untuk pesertanya sampai hari ini sudah terdaftar 142 orang, peserta memang dibatasi karena masih masa pandemi COVID-19," pungkasnya.

Update Berita-Berita Politik Persepektif Republika.co.id
 
 
 
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

f
 

BERITA LAINNYA

 
hide ads show ads
desktop mobile