Friday, 26 Syawwal 1443 / 27 May 2022

Friday, 26 Syawwal 1443 / 27 May 2022

Yohanes Pahabol Selamatkan Persipura dari Kekalahan

Ahad 03 Oct 2021 10:32 WIB

Rep: Anggoro Pramudya/ Red: Muhammad Akbar

Penyerang Persipura Jayapura Yohanes Ferinando Pahabol (kiri) berebut bola dengan gelandang Persiraja Banda Aceh Mohammad Rifaldi (kanan) dalam pertandingan lanjutan BRI Liga 1-2021/2022 di Stadion Si Jalak Harupat, Kabupaten Bandung, Jumat (24/9). Dalam pertandingan tersebut Persipura Jayapura mengalahkan Persiraja Banda Aceh dengan Skor 2-1. Foto: Republika/Abdan Syakura

Penyerang Persipura Jayapura Yohanes Ferinando Pahabol (kiri) berebut bola dengan gelandang Persiraja Banda Aceh Mohammad Rifaldi (kanan) dalam pertandingan lanjutan BRI Liga 1-2021/2022 di Stadion Si Jalak Harupat, Kabupaten Bandung, Jumat (24/9). Dalam pertandingan tersebut Persipura Jayapura mengalahkan Persiraja Banda Aceh dengan Skor 2-1. Foto: Republika/Abdan Syakura

Foto: REPUBLIKA/ABDAN SYAKURA
Madura United Ditahan Imbang Persipura 2-2

REPUBLIKA.CO.ID, BEKASI -- Madura United gagal memanfaatkan keunggulan atas lawannya Persipura Jayapura pada lanjutan pekan keenam Liga 1 Indonesia 2021/2022, yang berlangsung di Stadion Wibawa Mukti, Bekasi, Ahad (3/10) petang WIB.

Sempat unggul 1-0 pada babak pertama Madura United terpaksa mengakhiri laga dengan skor imbang 2-2.

Gol pertama Madura United dicetak Rafael da Silva pada menit ke-11. Namun, pada interval kedua Persipura berhasil menyamakan kedudukan lewat Ricky Kayame menit ke-55. Sebelum Laskar Sape, kembali unggul 2-1 melalui gol David Laly menit ke-57.

Keunggulan tersebut tak bisa dipertahankan anak asuh Rahmad Darmawan. Persipura pun sukses menyamakan kedudukan menjadi 2-2 melalui gol Yohanes Pahabol.

Berkat hasil ini Madura United tertahan di peringkat sembilan klasemen dengan perolehan angka tujuh dari satu kemenangan, empat imbang dan sekali kekalahan. Sementara Persipura masih tercecer di zona degradasi dengan baru mengemas lima poin atas sekali menang, dua imbang dan tiga kekalahan.

Tampil dengan kekuatan penuh Madura United langsung tancap gas. Beberapa peluang pertama hadir melalui gelandang sayap David Laly dan Bayu Gatra.

Namun upaya dua pemain tersebut masih belum membuahkan hasil maksimal. Tembakan David Laly dengan mudah diblok kiper Fitrul Dwi Rustapa, dan tendangan Bayu Gatra masih melebar dari gawang Persipura.

Tekanan yang diberikan Madura United membuat lini belakang Persipura kewalahan. Hasilnya, pada menit ke-11 striker Rafael Silva mencatatkan namanya di papan skor.

Berawal dari assist gelandang tengah asal Brasil, Jaja, Rafael Feital dengan mudah menyapu bola lambung dengan tanduknya ke bagian tengah atas gawang Fitrul Dwi Rustapa. Skor 1-0 untuk Madura United.

Setelah unggul satu gol Madura United justru tampil lebih nyaman. Pressing yang dilakukan para pemain Madura United membuat skema pun taktik Mutiara Hitam, julukan Persipura kewalahan untuk membangun serangan.

Hingga memasuki menit ke-40 pertahanan Madura United masih cukup kokoh bagi Persipura. Jin-Sung Kim dan Kadek Raditya mendirikan tembok kuat yang gagal dieksplorasi oleh trisula Persipura, Pahabol, Ferre dan Kayame. Tak ada gol tambahan pada sisa waktu tambahan skor 1-0 pun bertahan hingga peluit turun minum berbunyi.

Memasuki interval kedua Persipura langsung bermain menekan. Mereka berusaha keras untuk mencari gol penyeimbang. Alhasil, gol balasan tercipta pada menit ke-55. John Ricky Kayame melakukan tembakan dari dalam kotak penalti setelah menerima umpan dari Yohanes Ferinando Pahabol. Skor imbang 1-1.

Sayang kedudukan imbang tak berlangsung lama. David Laly yang mendapatkan umpan terobosan dari Jaja berhasil lepas dari jebakan offside dan melakukan tendangan terarah ke gawang setelah kiper Fitrul Dwi Rustapa gagal menghentikannya. Skor kembali unggul 2-1 untuk Madura United.

Pada menit ke-60, Henrique Marcelino mencoba melakukan tembakan dari luar kotak penalti setelah menerima umpan dari Ricky Kayame. Namun, bola sepakannya masih bisa ditepis kiper Muhammad Ridho.

Madura United nyaris menambah keunggulan pada menit ke-66 saat Silvio Escobar Benitez yang masuk menggantikan Bayu Gatra pada menit ke-61 melakukan sundulan kepala setelah mendapatkan umpan dari David Laly.

Berselang satu menit Madura United justru kebobolan lewat skema kerja sama Ricky Kayame yang memberikan umpan terukur ke Pahabol. Sang pemain pun berhasil menyelesaikannya dengan baik ke gawang lawan. Pergerakan cepat Pahabol tak bisa dihentikan bek Madura United dan mengecoh kiper Ridho. Skor menjadi 2-2.

Setelah kedudukan kembali imbang 2-2, pertarungan kedua tim menjadi semakin sengit. Kedua tim berusaha saling menekan pertahanan lawan untuk bisa mencetak gol kemenangan.

Memasuki 10 menit terakhir, Madura United melakukan pergantian pemain. Rahmad Darmawan memasukkan Novan Setya Sasongko dan Ronaldo Joybera Kwateh untuk menggantikan Andik Rendika Rama dan Slamet Nurcahyono.

Pada masa injury time, para pemain Persipura bermain cepat. Mereka tidak banyak memainkan bola dan lebih cepat mengalirkan bola ke pertahanan lawan. Namun, beberapa kali serangan yang dibangun Pahabol dan kawan-kawannya berhasil diatasi barisan pertahanan Madura United. Skor 2-2 pun bertahan sampai peluit panjang.

BACA JUGA: Ikuti News Analysis Isu-Isu Terkini Persepektif Republika.co.id
 
 
 
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

f
 

BERITA LAINNYA

 
hide ads show ads
desktop mobile