Ahad 03 Oct 2021 22:49 WIB

Kalahkan Persebaya, PSIS Menyodok ke Peringkat Dua

PSIS berhasil mengoleksi 12 poin buah dari tiga kemenangan

Rep: reja irfa widodo/ Red: Muhammad Akbar
Pesepak bola Persebaya Surabaya Bruno Moreira (kanan) berebut bola dengan pesepak Bola PSIS Semarang Fredyan W S (kiri) pada lanjutan Liga 1 di Stadion Wibawa Mukti, Kabupaten Bekasi, Jawa Barat, Ahad (3/10/2021). Pertandingan babak pertama skor 2-1 untuk PSIS Semarang.
Foto: ANTARA/ Fakhri Hermansyah
Pesepak bola Persebaya Surabaya Bruno Moreira (kanan) berebut bola dengan pesepak Bola PSIS Semarang Fredyan W S (kiri) pada lanjutan Liga 1 di Stadion Wibawa Mukti, Kabupaten Bekasi, Jawa Barat, Ahad (3/10/2021). Pertandingan babak pertama skor 2-1 untuk PSIS Semarang.

REPUBLIKA.CO.ID, BEKASI -- PSIS Semarang sukses membungkam Persebaya Surabaya, 3-2, pada pekan keenam Liga 1 2021/2022, Ahad (3/10) malam WIB.

Tidak hanya mempertahankan rekor belum terkalahkan di pentas Liga 1 musim ini, kemenangan di Stadion Wibawa Mukti, Bekasi, ini juga mengantarkan tim besutan Imran Nahumarury itu ke peringkat kedua klasemen sementara Liga 1.

Tim Mahesa Jenar berhasil mengoleksi 12 poin buah dari tiga kemenangan dan tiga hasil imbang dari enam partai. PSIS terpaut empat poin dari Bhayangkara FC yang kokoh di puncak klasemen sementara setelah mengemas lima kemenangan dan satu hasil imbang dari enam laga.

Sementara buat Persebaya, ini menjadi kekalahan keempat dari enam laga di kancah Liga 1 musim ini. Tim besutan Aji Santoso itu pun masih tertahan di peringkat ke-12 lantaran hanya mampu memetik enam poin dari enam partai.

Pada 10 menit awal laga, Persebaya mencoba untuk tampil tenang dan sabar dalam membangun serangan dan embongkar pertahanan PSIS. Di sisi lain, PSIS Semarang justru terlihat lebih agresif dalam upaya untuk merobek gawang Bajul Ijo.

Namun, PSIS terbukti menjadi tim pertama yang berhasil mencetak gol di laga ini, tepatnya pada menit ke-14. Adalah sepakan dari luar kotak penalti yang dilepaskan Fandi Eko Utomo yang berhasil membawa PSIS ungul.

Berawal dari sapuan bola salah satu pemain bertahan Persebaya, bola jatuh di kaki Eko Utomo yang menunggu di luar kotak penalti. Eko Utomo pun langsung melepaskan sepakan keras.

Kiper Persebaya, Andhika Ramadhani, gagal mengantisipasi datangnya bola, yang mengarah ke pojok kanan bawah gawang. Hanya berselang tiga menit, PSIS sudah kembali menggandakan keunggulan.

Sebuah serangan balik PSIS berhasl diselesaikan Bruno Silva. Bola rebound hasil halauan Andhika Ramadhani berhasil dimanfaatkan oleh Bruno Silva. Tertinggal dua gol hanya dalam waktu kurang dari 20 menit membuat Persebaya langsung tancap gas dan mengepung pertahanan PSIS.

Setidaknya dalam rentang waktu lima menit, Bajul Ijo mendapatkan sejumlah peluang emas, termasuk tandukan dari Alwi Slamat. Berbagai Upaya Persebaya ini akhirnya berbuah maksimal pada menit ke-25 lewat gol bunu diri Alves Wallace.

Berniat memotong umpan tarik dari salah satu pemain Persebaya, bola hasil halauan Wallace malah berbelok arah ke gawang PSIS. Gol balasan Persebaya ini membuat permainan kembali terbuka.

Dua tim terlihat saling bergantian melancarkan serangan. Namun, hingga babak pertama usai, tidak ada gol tambahan yang tercipta. Memasuki babak kedua, Persebaya justru semakin kesulitan untuk bisa setidaknya menyamakan kedudukan.

PSIS malah berhasil menggandakan kedudukan saat babak kedua baru berjalan tujuh menit. Wasit memberikan hadiah tendangan penalti buat tim Mahesa Jenar usai Jose Wilkson kedapatan melakukan handball di kotak penalti.

Jonathan, yang dipercaya sebagai eksekutor tendangan penalti tersebut, mampu melakoni tugasnya dengan baik. Sepakan Jonathan ke pojok kanan bawah gawang mengecoh kiper Andhika Ramadhani, yang bergerak ke arah sebaliknya.

Bajul Ijo bukan tanpa peluang. Pada menit ke-75, Persebaya mendapatkan kesempatan emas untuk bisa menipiskan selisih gol lewat sundulan Wilkson. Namun, bola hasil tandukan Wilkson usai memaksimalkan umpan lambung Taisei Marukawa masih melambung di atas mistar gawang PSIS.

Persebaya akhirnya baru benar-benar bisa mencetak gol pada menit ke-85. Penetrasi Marukawa di sisi kanan kotak penalti PSIS menjadi awal dari gol kedua Persebaya di laga ini. Johan Yoga sukses menyambut umpan lambung Marukawa di depan mulut gawang tim Mahesa Jenar.

Pada sisa laga, Persebaya berusaha untuk melanjutkan momentum keberhasilan mencetak gol. Namun, performa solid sektor pertahanan PSIS mampu meredam berbagai serangan Bajul Ijo. Akhirnya, keunggulan PSIS, 3-2, atas Persebaya tetap bertahan hingga laga selesai.

Klasemen Liga 1 Musim 2024
Pos Team Main Menang Seri Kalah Gol -/+ Poin
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement