Selasa 05 Oct 2021 02:05 WIB

HUT Ke-76 TNI, Marsekal Hadi Ziarah Nasional di TMP Kalibata

Panglima TNI Marsekal Hadi ziarah bersama kepala staf angkatan

Rep: Flori Anastasia Sidebang/ Red: Ichsan Emrald Alamsyah
Panglima TNI Marsekal TNI Hadi Tjahjanto memberikan hormat saat ziarah nasional dan tabur bunga di Taman Makam Pahlawan Nasional Utama Kalibata, Jakarta Selatan, Senin (4/10/2021). Kegiatan tersebut merupakan rangkaian peringatan HUT ke-76 TNI tahun 2021.
Foto: Antara/Sigid Kurniawan
Panglima TNI Marsekal TNI Hadi Tjahjanto memberikan hormat saat ziarah nasional dan tabur bunga di Taman Makam Pahlawan Nasional Utama Kalibata, Jakarta Selatan, Senin (4/10/2021). Kegiatan tersebut merupakan rangkaian peringatan HUT ke-76 TNI tahun 2021.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Panglima TNI Marsekal Hadi Tjahjanto melaksanakan Ziarah Nasional dan Tabur Bunga di makam Taman Makam Pahlawan (TMP) Kalibata, Jakarta Selatan, Senin (4/10). Hadi mengatakan, kegiatan ini dalam rangka memperingati HUT ke-76 TNI tahun 2021 dengan tema 'Bersatu Berjuang Kita Pasti Menang'. 

Adapun acara Ziarah Nasional dan Tabur Bunga tersebut diikuti oleh para Kepala Staf Angkatan. Diantaranya, Kepala Staf Angkatan Laut (KSAL) Laksamana Yudo Margono, Kepala Staf Angkatan Udara (KSAU) Marsekal Fadjar Prasetyo, dan Wakil Kepala Staf Angkatan Darat (Wakasad) Letjen Bakti Agus Fadjri.

“Kegiatan ini salah satu bentuk soliditas dan sinergitas TNI AD, AL dan AU untuk melaksanakan fungsi pertahanan dalam rangka melaksanakan tugas pokok TNI,” kata Hadi.

Hadi beserta para Kepala Staf Angkatan melakukan tabur bunga di makam Presiden RI ketiga, BJ Habibie. Kemudian, Panglima TNI juga melaksanakan berziarah menabur bunga di makam Jenderal TNI (Purn) Edi Sudradjat, Jenderal Besar AH Nasution, Jenderal TNI (Purn) Umar Wirahadikusuma, Jenderal TNI (Purn) A Yani, Ibu Hasri Ainun Habibie, Letjen TNI (Purn) RD Suprapto, Letjen TNI (Purn) MT Harjono, Letjen TNI (Purn) S Parman dan Mayjen TNI (Purn) Sutojo Siswomi Hardjo.

Selain itu, kegiatan serupa juga dilaksanakan pada hari yang sama di makam Presiden RI pertama, yakni Soekarno di Blitar, Jawa Timur. Pangdam V/Brawijaya Mayjen TNI Suharyanto bertindak sebagai Inspektur Upacara (Irup).

Baca juga : In Picture: Ziarah Nasional dan Tabur Bunga Jelang HUT TNI

Kemudian, Ziarah Nasional dan Tabur Bunga juga digelar di makam Presiden RI keempat, KH Abdurrahman Wahid di Jombang, Jawa Timur. Kegiatan ini dipimpin oleh Dankodilaktal Laksdya TNI Nurhidayat sebagai Irup. 

Lalu, ziarah dan tabur bunga pun dilakukan di makam Jenderal Besar Soeharto di Astana Giri Bangun Solo, Jawa Tengah. Bertindak selaku Irup Pangdam IV/Diponegoro Mayjen TNI Rudianto.

Sementara itu, Ziarah Nasional dan Tabur Bunga turut dilakukan di makam Panglima Besar Jenderal Soedirman di TMP Kusumanegara, Semaki, Yogyakarta. Kegiatan itu dipimpin Gubernur AAU Marsda TNI Nanang Santoso.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement