Selasa 05 Oct 2021 13:11 WIB

Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara Buka Prodi Doktor

Prodi S3 Hukum UMSU sesuatu yang elite, karena menghasilkan komunitas kebijakan.

Rep: Antara/ Red: Erik Purnama Putra
Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara (UMSU) buka program studi doktor.
Foto: Dok UMSU
Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara (UMSU) buka program studi doktor.

REPUBLIKA.CO.ID, MEDAN -- Lembaga Layanan Pendidikan Tinggi (LLDikti) Wilayah 1 Sumatra Utara memberikan izin kepada Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara (UMSU) membuka Program Studi (Prodi) Strata 3 Hukum. Kepala LLDikti Sumut Prof H Ibnu Hajar Damanik, mengatakan,

pembukaan program studi (prodi) doktor hukum UMSU merupakan suatu lompatan besar.

Menurut dia, prodi baru itu juga sebagai motor untuk menyiapkan sumber daya manusia di bidang hukum sehingga dapat menjadi peluang bagi mahasiswa S2 untuk melanjutkan jenjang pendidikannya. "Kami menaruh harapan besar terhadap UMSU. Kami yakin akan ada sejumlah Prodi S3 lain yang akan dibuka di Kampus UMSU," katanya di Kota Medan, Provinsi Sumut, Selasa (5/10).

Ibnu meminta ke depannya, semakin banyak pemikiran, kajian, filosofi, dan kebijakan yang diberikan Prodi S3 Hukum UMSU. "Kita berharap akan muncul gagasan-gagasan yang berhubungan dengan hukum yang bisa dilaksanakan dan diaplikasikan di pemerintahan," kata Ibnu.

Guru Besar Universitas Negeri Medan itu menyampaikan, prodi doktor di perguruan tinggi adalah sesuatu yang elite, karena menghasilkan komunitas yang mengarah kepada kebijakan, bukan hanya praktik. Pembukaan Prodi S3 Hukum UMSU tertuang dalam Surat Keputusan (SK) Menteri Pendidikan Kebudayaan Riset dan Teknologi Nomor 416/E/O/2021.

Prodi doktor hukum menjadi program doktor pertama di UMSU yang merupakan perguruan tinggi yang memiliki akreditasi institusi A. Rektor UMSU Prof H Agussani berucap syukur atas kepercayaan pemerintah melalui Kemendibudristek kepada UMSU untuk membuka program doktor.

"Sebagai perguruan tinggi dengan akreditasi institusi A dan telah memiliki 15 Prodi S1 dan S2, terakreditasi A, serta akreditasi unggul, Alhamdulillah kita kini sudah membuka S3," kata Agussani.

Dia berharap, Prodi S3 Hukum UMSU bisa membawa peningkatan kualitas sumber daya manusia (SDM) di Provinsi Sumut, terutama di bidang hukum. "Ke depan UMSU berencana membuka S3 Ilmu Pendidikan dan S3 Pertanian. Kemudian S2 Pendidikan Agama Islam dan S2 Biomedis. Mohon dukungan dan doa masyarakat Sumut beserta civitas akademika UMSU," ujar Agussani.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement