Selasa 05 Oct 2021 16:26 WIB

UIN Palu Gencarkan Vaksinasi Bersiap Kuliah Tatap Muka

UIN Palu merencanakan pelaksanaan kuliah tatap muka pada November 2021.

Red: Ani Nursalikah
UIN Palu Gencarkan Vaksinasi Bersiap Kuliah Tatap Muka. Ilustrasi
Foto: ANTARA/Asep Fathulrahman/wsj.
UIN Palu Gencarkan Vaksinasi Bersiap Kuliah Tatap Muka. Ilustrasi

REPUBLIKA.CO.ID, PALU -- Universitas Islam Negeri (UIN) Datokarama Palu, Sulawesi Tengah menggencarkan vaksinasi kepada mahasiswa sebagai persiapan pelaksanaan kuliah secara tatap muka terbatas.

"Vaksinasi dilaksanakan setiap Selasa dan Kamis di kampus UIN Datokarama Palu," kata Wakil Rektor Bidang Kemahasiswaan UIN Datokarama Palu Mohamad Idhan, Selasa (5/10).

Baca Juga

Ia mengatakan UIN Datokarama Palu merencanakan pelaksanaan kuliah tatap muka pada November 2021. Kuliah rencananya berlangsung di kampus satu di Kota Palu dan kampus dua di Kabupaten Sigi.

Agar pelaksanaan kuliah tatap muka tidak menjadi klaster penyebaran Covid-19, kuliah tatap muka akan dilaksanakan dengan protokol kesehatan ketat serta mengikuti anjuran pemerintah, salah satunya vaksinasi. Idhan mengatakan setiap Selasa dan Kamis, mahasiswa UIN Datokarama Palu berbondong-bondong mengikuti vaksinasi.

"Vaksinasi yang dilakukan atas kerja sama dengan Dinas Kesehatan Kota Palu. Dosis vaksin disuplai oleh Dinas Kesehatan Kota Palu, pelaksana di lapangan Puskesmas Kelurahan Lere," kata Idhan.

Dinas Kesehatan Kota Palu menyuplai vaksin jenis Sinovac dan Moderna. Idhan mengemukakan hingga saat ini 721 mahasiswa UIN Datokarama Palu yang berada di Kota Palu dan sekitarnya telah divaksinasi.

Pelaksanaan vaksinasi atas kerja sama dengan Dinas Kesehatan Kota Palu dimulai 23 September 2021. Hingga 5 Oktober ada 318 mahasiswa telah divaksinasi.

"Sebelumnya UIN Palu juga kerja sama dengan Bidang Kesehatan dan Kedokteran Polda Sulteng memvaksinasi 400 lebih mahasiswa," kata Idhan.

Ia mengimbau mahasiswa UIN Datokarama Palu mengikuti vaksinasi di wilayah masing-masing jika tidak berkesempatan mengikuti vaksinasi di kampus. "Sesuai dengan surat edaran yang telah diterbitkan, UIN Datokarama Palu mengimbau mahasiswa yang berada di kampung halamannya mengikuti vaksinasi di Puskesmas atau rumah sakit di wilayah masing-masing," ucapnya.

Advertisement
Yuk Ngaji Hari Ini
سَيَقُوْلُ الَّذِيْنَ اَشْرَكُوْا لَوْ شَاۤءَ اللّٰهُ مَآ اَشْرَكْنَا وَلَآ اٰبَاۤؤُنَا وَلَا حَرَّمْنَا مِنْ شَيْءٍۗ كَذٰلِكَ كَذَّبَ الَّذِيْنَ مِنْ قَبْلِهِمْ حَتّٰى ذَاقُوْا بَأْسَنَاۗ قُلْ هَلْ عِنْدَكُمْ مِّنْ عِلْمٍ فَتُخْرِجُوْهُ لَنَاۗ اِنْ تَتَّبِعُوْنَ اِلَّا الظَّنَّ وَاِنْ اَنْتُمْ اِلَّا تَخْرُصُوْنَ
Orang-orang musyrik akan berkata, “Jika Allah menghendaki, tentu kami tidak akan mempersekutukan-Nya, begitu pula nenek moyang kami, dan kami tidak akan mengharamkan apa pun.” Demikian pula orang-orang sebelum mereka yang telah mendustakan (para rasul) sampai mereka merasakan azab Kami. Katakanlah (Muhammad), “Apakah kamu mempunyai pengetahuan yang dapat kamu kemukakan kepada kami? Yang kamu ikuti hanya persangkaan belaka, dan kamu hanya mengira.”

(QS. Al-An'am ayat 148)

Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement