Selasa 05 Oct 2021 21:17 WIB

Pandemi Buat UBSI Terapkan Blended Learning

BSI baru berencana menggelar perkuliahan luring terbatas pada November pasca UTS

Rep: Rr Laeny Sulistyawati/ Red: Gita Amanda
Universitas BSI webinar bersama Republika dengan judul Model Pembelajaran Mahasiswa di Masa Pandemi, Selasa (5/10).
Foto: Universitas Bina Sarana Informatika
Universitas BSI webinar bersama Republika dengan judul Model Pembelajaran Mahasiswa di Masa Pandemi, Selasa (5/10).

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Pandemi Covid-19 yang terjadi sejak 1,5 tahun belakangan mengubah hampir semua tatanan, termasuk pendidikan yang semula tatap muka menjadi lewat dalam jaringan (daring). Universitas Bina Sarana Informatika (BSI) juga harus mengubah metode pembelajarannya jadi online dan menggunakan blended learning.

Rektor Universitas BSI Mochamad Wahyudi mengakui, pembelajaran mahasiswa selama masa pandemi seperti saat ini, terutama yang tengah menempuh mata kuliah yang berbasis praktikum bidang kesehatatan dan teknik merasa agak kesulitan. Sehingga, dia melanjutkan, perguruan tinggi yang ada praktikum khususnya  di bidang itu di masa pandemi memberlakukan mahasiswanya belajar secara luring secara terbatas dengan menerapkan protokol kesehatan (prokes).

Baca Juga

"Tetapi, kalau BSI belum memberlakukan itu semua karena mengingat mementingkan masalah risiko keselamatan dosen, karyawan, mahasiswa. Kami lebih mementingkan keselamatan peserta didik kami kemudian karyawan dan tenaga pendidik," katanya di webinar bersama Republika dengan judul Model Pembelajaran Mahasiswa di Masa Pandemi, Selasa (5/10).

Ia mengutip keputusan menteri pendidikan dan kebudayaan riset dan pendidikan tinggi (Mendikbudristek) Nadiem Makarim yang mengeluarkan surat edaran mendikbud nomor 4 tahun 2020 tentang pelaksanaan kebijakan pendidikan dalam masa darurat Covid-19. Itulah yang mendasari pihak perguruan tinggi maupun pendidikan dasar dan menengah untuk melaksanakan perkuliahan maupun pembelajaran jarak jauh atau daring.  Berdasarkan data rujukan itu tadi, dia melanjutkan, akhirnya BSI mencoba melaksanakan pembelajaran secara daring.