Monday, 10 Muharram 1444 / 08 August 2022

Monday, 10 Muharram 1444 / 08 August 2022

10 Muharram 1444
  • JELANG HUT BHAYANGKARA KE-76,< POLRI MENGADAKAN LOMBA MENEMBAK PATI TNI-POLRI BERSAMA INSAN PERS 10-11 JUNI 2022 DI BRIMOB KELAPA DUA

Wali Kota Makassar Segera Tertibkan Gepeng dan Anak Jalanan

Rabu 06 Oct 2021 10:41 WIB

Red: Ani Nursalikah

Wali Kota Makassar Segera Tertibkan Gepeng dan Anak Jalanan. Ilustrasi razia anak jalanan, gelandangan dan pengemis.

Wali Kota Makassar Segera Tertibkan Gepeng dan Anak Jalanan. Ilustrasi razia anak jalanan, gelandangan dan pengemis.

Foto: dok. Sat Pol PP Purwakarta
Menurut wali kota, 70 persen gepeng dan anak jalanan dari luar Makassar.

REPUBLIKA.CO.ID, MAKASSAR -- Wali Kota Makassar Moh Ramdhan Pomanto mulai gerah dengan maraknya gembel-pengemis (gepeng) dan anak jalanan di sejumlah ruas jalan protokol yang dinilai meresahkan dan menggangu aktivitas pengguna jalan.

"Segera diturunkan tim untuk menertibkan mereka karena sudah menggangu aktivitas pengendara di jalan-jalan," ujar dia, Rabu (6/10).

Baca Juga

Ia mengungkapkan para gepeng dan anak jalanan itu bukan sepenuhnya warga Makassar. Menurutnya, melainkan sebagian besar sengaja datang dari luar Makassar yang sengaja datang untuk meminta-minta.

"Gepeng dan anak jalanan itu 70 persen dari luar Makassar. Karena mereka rata-rata dari permukiman liar dari luar. Itu sudah terbukti seperti itu," kata dia.

Ia menekankan, setiap orang yang datang dari luar, apalagi mata pencarian ke kota untuk mengemis harus dibina lebih intensif di tingkat RT/RW setempat dimana mereka berdomisili sementara. Ia tidak memungkiri jajaran pejabat Dinas Sosial Makassar sebelumnya tidak bekerja secara baik sehingga terjadi pembiaran gepeng dan anak jalanan.

Kendati demikian, melalui perubahan komposisi jabatan dinas terkait, persoalan sosial itu akan segera teratasi sebab aturan Peraturan Daerah sudah ada mengatur soal itu. "Sekarang baru mulai kita dibangkitkan. Kemarin memang lumpuh. Saya akui Dinas Sosial kita tidak berfungsi baik kemarin, tapi sekarang sudah mulai dikembalikan tugas dan fungsinya," kata dia.

sumber : Antara
BACA JUGA: Ikuti News Analysis Isu-Isu Terkini Persepektif Republika.co.id
 
 
 
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

f
 

BERITA LAINNYA

 
hide ads show ads
desktop mobile