Kamis 07 Oct 2021 12:05 WIB

Mimpi Ibunda Saat Mengandung Nabi Muhammad SAW

Terdapat beberapa peristiwa yang dialami ibunda Rasulullah saat mengandung beliau.

Rep: Rossi Handayani/ Red: Ani Nursalikah
Mimpi Ibunda Saat Mengandung Nabi Muhammad SAW
Foto: Republika/Kurnia Fakhrini
Mimpi Ibunda Saat Mengandung Nabi Muhammad SAW

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Rasulullah SAW lahir di Makkah tepatnya di tahun Gajah. Terdapat beberapa peristiwa yang dialami oleh ibunda Rasulullah, Aminah, saat mengandung beliau.

Dalam Sirah Nabawiyah, Ibnu Ishaq berkata: Banyak orang mengatakan, dan hanya Allah yang lebih tahu, bahwa Aminah binti Wahb, ibunda Rasulullah Shallalahu 'alaihi wa Sallam bercerita.

Baca Juga

Saat mengandung Rasulullah Shallalahu 'alaihi wa Sallam, ia bermimpi didatangi seseorang. Kemudian orang itu berkata kepadanya: "Sesungguhnya engkau sedang mengandung penghulu umat ini. Jika dia telah lahir ke bumi, maka ucapkanlah: Aku berlindung kepada Allah Tuhan Yang Esa dari keburukan semua pendengki, dan namakanlah dia Muhammad."

Saat mengandung Rasulullah Shallalahu 'alaihi wa Sallam, ia melihat cahaya keluar dari perutnya yang dengannya dia bisa melihat istana-istana Bushra di wilayah Syam. Tak berapa lama kemudian Abdullah bin Abdul Muthalib, ayahanda Rasulullah Shallalahu 'alaihi wa Sallam meninggal dunia.

Abdullah meninggal saat Rasulullah Shallalahu 'alaihi wa Sallam sedang berada dalam kandungan ibundanya. Muhammad kecil ketika itu lahir sebagai yatim yang dalam satu pendapat menyatakan ayahnya meninggal saat Nabi SAW berusia tujuh bulan dalam kandungan. 

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement