Kamis 07 Oct 2021 18:57 WIB

Satgas Bandingkan Penanganan Covid-19 dengan Negara Lain

Satgas Covid-19 menyatakan Indonesia lebih baik dari India dan Turki.

Rep: Dessy Suciati Saputri/ Red: Ratna Puspita
Juru Bicara Satgas Penanganan Covid-19 Prof Wiku Adisasmito.
Foto: Satgas Covid-19
Juru Bicara Satgas Penanganan Covid-19 Prof Wiku Adisasmito.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Juru Bicara Pemerintah Penanganan Covid-19 Wiku Adisasmito menilai penanganan lonjakan kasus Covid-19 kedua di Indonesia cukup baik jika dibandingkan dengan negara lainnya seperti India, Jepang, Vietnam, dan Turki. Hal ini, kata dia, dibuktikan dengan lonjakan kasus yang hanya berlangsung selama dua bulan.

“Lebih baik dari India dan Turki yang membutuhkan waktu tiga bulan untuk ke akhirnya dapat turun,” kata Wiku saat konferensi pers, Kamis (7/10).

Baca Juga

Selain itu, besarnya penurunan kasus di Indonesia juga dapat bersaing dengan Jepang yang sama-sama mengalami penurunan sebesar 98 persen. Sedangkan, negara lain seperti Vietnam mengalami penurunan sebesar 73 persen, India sebesar 90 persen, dan Turki sebesar 93 persen.

Perbedaannya, Indonesia membutuhkan waktu lebih lama untuk menurunkan kasus hingga 98 persen, yakni mencapai tiga bulan. Sedangkan, Jepang hanya membutuhkan waktu dua bulan.

Wiku mengatakan, tantangan yang dihadapi oleh masing-masing negara memang berbeda-beda. Namun, seluruh negara mengalami tantangan yang serupa yakni kemunculan varian Delta yang diperparah dengan laju penularan karena aktivitas masyarakat yang mulai kembali normal.

Menurut Wiku, kecepatan dan ketepatan penanganan Covid-19 yang dilakukan oleh suatu negara mengindikasikan ketahanan sistem kesehatannya serta kemampuan adaptasi seluruh masyarakat terhadap permasalahan kesehatan. Ia pun menjelaskan perkembangan kasus Covid-19 yang terjadi di beberapa negara tersebut.

Di India sempat mengalami lonjakan kasus kedua yang meningkat sangat tajam dibandingkan kasus pertama. Lonjakan kasus ini bahkan mencapai 414.433 kasus dalam satu hari. Kenaikannya berlangsung selama tiga bulan dan berhasil turun hingga mencapai 90 persen dalam waktu dua bulan. Penurunan ini telah bertahan selama 5 bulan hingga saat ini.

Kemudian di Jepang mengalami lonjakan kasus ketiga yang sangat tajam jika dibandingkan lonjakan pertama dan kedua. Lonjakan kasus ini terjadi selama satu bulan dengan kenaikan kasus hingga 26.121 kasus dalam satu hari. Setelahnya kasus dapat turun sebesar 98 persen dalam waktu dua bulan.

Ketiga yakni Vietnam yang sempat menjadi negara dengan penanganan Covid-19 terbaik di dunia dan hampir berhasil mengeradikasi Covid-19 sepanjang 2020 dan awal 2021. Namun, tiba-tiba kasusnya melonjak selama dua bulan hingga mencapai puncak dan kemudian berhasil turun 73 persen dalam waktu dua bulan.

Terakhir di Turki, di mana kasusnya naik selama tiga bulan kemudian berhasil turun 93 persen dalam waktu tiga bulan. Namun, saat ini kasusnya kembali menunjukan peningkatan.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement