Jumat 08 Oct 2021 11:43 WIB

Arab Saudi Akuisisi Newcastle, Fan Ingin Mbappe Dibeli

Newcastle belum pernah memenangkan tropi apapun selama lebih dari 50 tahun.

Rep: Rahmat Fajar/ Red: Muhammad Akbar
Kylian Mbappe dari Paris Saint Germain bereaksi selama pertandingan sepak bola grup A Liga Champions UEFA antara PSG dan Manchester City di stadion Parc des Princes di Paris, Prancis, 28 September 2021.
Foto: EPA-EFE/YOAN VALAT
Kylian Mbappe dari Paris Saint Germain bereaksi selama pertandingan sepak bola grup A Liga Champions UEFA antara PSG dan Manchester City di stadion Parc des Princes di Paris, Prancis, 28 September 2021.

REPUBLIKA.CO.ID, NEWCASTLE--Akuisisi Newcastle United dari Mike Ashley oleh konsorsium yang dipimpin Arab Saudi memunculkan harapan besar dalam benak penggemar. 

Mereka memimpikan pemilik baru mengeluarkan uang besar untuk mendatangkan bintang Paris Saint-Germain (PSG) Kylian Mbappe.

Newcastle berpotensi meniru Manchester City yang menyulap klub menjadi tim bertabur bintang dalam sekejap dengan kemampuan finansial yang dimiliki oleh pemilik baru.

Akuisisi tersebut terjadi setelah Liga Premier menerima jaminan hukum bahwa Arab Saudi tak akan ikut campur dalam mengendalikan klub.

Dana Investasi Publik (PIF) yang terpisah dari negara dengan nilai 320 miliar Poundsterling akan menyediakan 80 persen dari dana tersebut untuk investasi di klub tersebut. Kini The Magpies menjadi klub terkaya di dunia. Dengan begitu mereka dapat membeli pemain kelas dunia.

Penyerang Prancis, Antoine Griezmann dalam perjalanan naik pesawat bersama timnas Prancis di Piala Dunia 2018 memberitahun Mbappe bahwa Newcastle mengontraknya di Football Manager dalam sebuah video rilis oleh Sky Sports di Facebook.

Baca juga : Kalah dari Prancis, Ini Pembelaan Diri Pelatih Belgia

“Biarkan saya menunjukkan rekor saya untuk 2027. Dengan Newcastle, juara Liga Premier, Piala FA, Liga Champions, Community Shied, dan Piala Super!,” kata Griezmann dilansir dari express, Jumat (8/10).

“Lima gelar. Apa pelatih! Apa pelatih! Saya adalah legenda pelatih dalam sepak bola Inggris. Ousmane [Dembele], beri tahu mereka,” ia menambahkan.

Dembele kemudian menjawab bahwa itu tak buruk dan sebuah rekor yang bagus. Griezmann kemudian menolek kepada Mbappe dan berkata akan mengontrak rekannya itu di Newcastle dengan bayaran 134 juta Euro.

Mbappe kemudian bertanya di mana Griezmann akan mengontraknya. Dan Grizmann menjawabnya di Newcastle.

“Newcastle? Di sana tidak panas ya?,” kata Mbappe mengacu pada cuaca.

Salah satu pemilik klub, Amanda Staveley mengungkapkan ambisisnya bahwa klubnya ingin berjaya di level dunia.

Newcastle era baru mempunyai target yang sama dengan Manchester City dan PSG dalam hal tropi. Kendati demikian itu semua membutuhkan waktu.

“Apakah kami ingin memenangkan Liga Premier dalam lima hingga 10 tahun? Ya. Pengambilalihan ini sangat transformatif. Kami ingin melihat piala. Tetapi piala membutuhkan investasi, waktu, kesabaran, dan kerja tim,” ujar Staveley.

Newcastle belum pernah memenangkan tropi apapun selama lebih dari 50 tahun. Pergantian pemilik baru dengan kekuatan uang melimpah impian mereka mengangkat tropi sepertinya akan segera terwujud.

Klasemen Premier League Musim 2024
Pos Team Main Menang Seri Kalah Gol -/+ Poin
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement