Tuesday, 8 Rabiul Awwal 1444 / 04 October 2022

Tuesday, 8 Rabiul Awwal 1444 / 04 October 2022

8 Rabiul Awwal 1444
  • JELANG HUT BHAYANGKARA KE-76,< POLRI MENGADAKAN LOMBA MENEMBAK PATI TNI-POLRI BERSAMA INSAN PERS 10-11 JUNI 2022 DI BRIMOB KELAPA DUA

Cara Aman Bawa Sepeda dengan Mobil

Jumat 08 Oct 2021 14:27 WIB

Rep: Eric Iskandarsjah Z/ Red: Dwi Murdaningsih

Bersepeda (ilustrasi).

Bersepeda (ilustrasi).

Foto: www.freepik.com
Jangan biarkan sepeda berdiri atau tergeletak di dalam mobil tanpa pengikat.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Olah raga bersepeda adalah salah satu aktivitas yang tengah sangat digemari saat ini. Dalam kondisi tertentu, pengguna sepeda pun perlu untuk memasukan sepedanya ke dalam mobil.

Ada beberapa hal yang harus diperhatikan agar hal itu tak mengganggu keselamatan berkendara dan tak melanggar peraturan. Auto2000 pun membagikan sejumlah cara aman dalam mengangkut sepeda dengan menggunakan mobil.

Baca Juga

Aftersales Division Head Auto2000, Nur Imansyah Tara mengatakan, sebaiknya pengendara tidak memaksakan untuk memasukan sepeda jika terlalu besar karena bisa merusak panel interior.

"Untuk mengurangi dimensi, pengendara bisa melepaskan parts sepeda dan mengumpulkannya ke dalam boks supaya tidak berantakan. Letakkan di tempat yang aman atau diikat supaya tidak terlempar kalau ada pengereman mendadak," kata Nur Imansyah Tara dalam keterangan pers kepada Republika.co.id pada Jumat (8/10).

Selanjutnya, jangan biarkan sepeda berdiri atau tergeletak begitu saja di dalam mobil tanpa pengikat. Sehingga, sepeda tetap berada pada kondisi stabil saat terjadi guncangan atau saat terjadi pengereman mendadak.

Selain itu, pastikan peletekan sepeda tidak mengganggu visibilitas pengemudi. Ini perlu diperhatikan karena sesekali pengemudi harus melihat kondisi sekitar kendaraan lewat kaca maupun lewat spion tengah.

Agar lebih aman, pengendara juga bisa memanfaatkan bike rack yang biasanya dijual oleh toko sepeda. Penggunaan bike rack membuat kabin lebih lapang dan nyaman karena tidak dipakai untuk membawa sepeda.

Bike rack sendiri terdapat dua jenis yakni  bike rack yang dipasang di belakang (trunk rack) dan di atap mobil atau roof bike rack. Karena dibuat khusus untuk membawa sepeda, kedua jenis bike rack itu tentu sudah mengikuti standard global terkait keamanan saat dipakai.

BACA JUGA: Ikuti News Analysis Isu-Isu Terkini Persepektif Republika.co.id
 
 
 
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

f
 

BERITA LAINNYA

 
hide ads show ads
desktop mobile