Atlet Kaltim Diberi Bantuan Oksigen usai Raih Perunggu

Sejumlah atlet lari putri berlari saat berlomba dalam nomor Lari Maraton Putri PON Papua di Kompleks Freeport, Kuala Kencana, Kabupaten Mimika, Papua, Sabtu (9/10/2021). Pelari putri DKI Jakarta Odekta Elviani berhasil meraih medali emas, sementara pelari putri DKI Jakarta lainnya Tryaningsih meraih medali perak dan pelari putri Kalimantan Timur Irma Handayani meraih medali perunggu.
Sejumlah atlet lari putri berlari saat berlomba dalam nomor Lari Maraton Putri PON Papua di Kompleks Freeport, Kuala Kencana, Kabupaten Mimika, Papua, Sabtu (9/10/2021). Pelari putri DKI Jakarta Odekta Elviani berhasil meraih medali emas, sementara pelari putri DKI Jakarta lainnya Tryaningsih meraih medali perak dan pelari putri Kalimantan Timur Irma Handayani meraih medali perunggu.
Foto: ANTARA/Aditya Pradana Putra

REPUBLIKA.CO.ID, MIMIKA -- Irma Handayani langsung diberi bantuan oksigen usai menyelesaikan nomor marathon putri cabang olahraga atletik di Pekan Olahraga Nasional (PON) XX Papua. Lomba digelar Kompleks Kuala Kencana, Mimika, Papua, Sabtu (9/10). 

Atlet Kalimantan Timur itu berhasil mempersembahkan medali perunggu dengan catatan waktu 3 jam dan 51 detik. Seperti dikutip dari Antara, Irma sempat memperoleh bantuan oksigen dari tim medis usai pertandingan kelelahan.

Sementara pelari jarak jauh nasional asal DKI Jakarta, Odekta Elvina Naibaho, berhasil mencapai finis pertama dengan catatan waktu 2 jam, 48 menit dan 46 detik. Ia unggul lebih dari 10 menit dari rekan satu provinsinya, Triyaningsih, yang menyabet medali perak dengan waktu 2 jam 58 menit dan 56 detik. 

Torehan emas nomor marathon putri ini membuat Odekta mencetak hattrick emas. Sebelumnya, pelari asal DKI Jakarta itu telah mengemas dua emas masing-masing dari nomor 5.000 meter putri dan 10.000 meter putri.

Ditemui usai pertandingan, Odekta mengaku sangat puas atas prestasi yang dia torehkan hari ini. Dirinya tidak menyangka mampu mengemas emas di nomor ketiga yang dia ikuti.

"Targetnya itu sebenarnya dua emas. Tetapi kalau ini (marathon) bisa (emas), kenapa enggak? Ini menjadi bonus," ujar dia.

Selain memperoleh emas ketiga, perempuan 30 tahun itu juga sukses mempertajam catatan waktu pribadinya. Waktu terbaik Odekta sebelumnya adalah 2 jam 55 menit yang dia torehkan pada PON XIX Jawa Barat 2016.

Rekor PON nomor marathon putri masih dipegang oleh Ruwiyati dengan catatan waktu 2 jam 45 menit dan 47 detik yang dicetak pada 1993. Sedangkan, rekor nasional masih dimiliki Triyaningsih dengan waktu 2 jam 31 menit dan 49 menit yang ditorehkan pada 2010.

Komentar

Terkait


Atlet DKI Jakarta Odekta Elvina Naibaho (kanan) bersama pelatihnya Wita Witarsa berselebrasi usai mencapai garis finish dalam nomor lari maraton putrI PON Papua di kompleks Freeport, Kuala Kencana, Kabupaten Mimika, Papua, Sabtu (9/10/2021). Odekta berhasil meraih medali emas, sementara atlet DKI lainnya Tryaningsih meraih medali perak dan atlet Kalimantan Timur Irma Handayani meraih medali perunggu.

Cetak Hattrick Emas, Odekta: Itu Jadi Bonus

Lifter putri Aceh Nurul Akmal mengangkat beban pada kelas +87 kg PON Papua di Auditorium Universitas Cenderawasih, Kota Jayapura, Papua, Sabtu (9/10). Lifter putri asal Nangroe Aceh Darussalam tersebut berhasil meraih medali emas dengan total angkatan 258 kg sementara medali perak diraih lifter Kalimantan Barat Riska Oktaviana dengan total angkatan 223 kg. Republika/Thoudy Badai

Nurul Akmal Raih Emas dan Pecahkan Rekor Nasional

Atlet lari Jawa Barat Agus Prayogo berlari saat berlomba pada nomor Lari Maraton Putra PON Papua di kompleks Freeport, Kuala Kencana, Kabupaten Mimika, Papua, Sabtu (9/10/2021). Agus Prayogo berhasil meraih medali emas, sementara atlet Sumatera Utara Welman Pasaribu meraih medali perak dan atlet Kalimantan Selatan Muhammad Ady Saputra meraih medali perunggu.

Nikmati Asrinya Hutan Papua, Agus Sabet Emas Marathon

Pebasket DKI Jakarta, Yesaya Alessandro Saudale (kiri) dikawal ketat oleh pebasket Sulawesi Utara, Greans Chandra Bartes Tangkulung (kanan) pada pertandingan final Bola Basket 5x5 Putra PON XX Papua di GOR Basket Mimika Sport Complex, Sabtu (9/10)

Emas Basket Putra PON Akhirnya Kembali ke Jakarta

Pelari Sumatera Selatan Rio Maholtra berpose dengan medalinya usai menang dalam final nomor lari 110 meter gawang putra cabang atletik PON Papua di Stadion Atletik Mimika Sport Center, Kabupaten Mimika, Papua, Selasa (5/10/2021). Rio meraih medali emas, sementara pelari Riau Hirzan Rahmadon meraih medali perak dan pelari Jawa Timur Ghanes Bagus Pandega meraih medali perunggu.

Rio Maholtra Boyong Ukiran Kamoro Khas Papua

Kontak Info

Jl. Warung Buncit Raya No 37 Jakarta Selatan 12510 ext

Phone: 021 780 3747

[email protected] (Marketing)

Ikuti

× Image