Menpora Klaim PON Papua Sejauh Ini Lancar

Menpora Zainudin Amali.
Menpora Zainudin Amali.
Foto: Tangkapan layar Zoom

REPUBLIKA.CO.ID, JAYAPURA -- Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora RI) Zainudin Amali menyebut pelaksanaan Pekan Olahraga Nasional (PON) XX Papua sejauh ini berjalan lancar. PON Papua digelar di empat klaster, yakini Kota dan Kabupaten Jayapura, Kabupaten Mimika dan Merauke.

"Situasi di sini, baik di Kota Jayapura, Kabupaten Jayapura, Mimika dan Merauke, PON-nya berjalan lancar, ya. Tidak ada hal signifikan yang mengganggu sampai PON itu harus terhenti," kata Menpora Amali dalam keterangan resminya di Jayapura, Papua, Sabtu.

"Semua peserta, baik atlet, pelatih dan ofisial menjalani setiap pertandingan, dari yang saya saksikan, mereka melaksanakan dengan gembira,'' katanya. ''Mereka tidak ada rasa ketakutan, rasa kekhawatiran yang berlebihan.''

Pelaksanaan PON Papua memang dibayang-bayangi dengan banyak kekhawatiran. Yang paling menjadi perhatian adalah pandemi Covid-19. 

Untuk itu, kewaspadaan memang harus diutamakan dengan menjalankan protokol kesehatan yang ketat. Yang terpapar harus ditangani sesuai prosedur dan diharapkan dalam waktu dekat bisa pulih dan sehat.

Jajaran Kementerian Pemuda dan Olahraga (Kemenpora) bahkan terus melakukan kontrol dengan memantau langsung lokasi-lokasi pertandingan. Hal tersebut merupakan komitmen Kemenpora dalam memberikan jaminan sesuai prosedur.

"Semoga PON berjalan terus hingga ditutup, yang rencana penutupan akan dilakukan oleh Bapak Wakil Presiden tanggal 15 nanti," tegas Menpora Amali.

Menpora berharap PON Papua bisa menjadi ajang untuk menunjukkan prestasi dari atlet-atlet daerah. Talenta-talenta yang tadinya belum muncul ke tingkat nasional atau belum muncul ke pelatnas, diharapnya bisa bermunculan.

''Ini kesempatannya untuk menunjukkan bahwa mereka pantas menjadi penghuni pelatnas," ujar pria asal Gorontalo itu.

Komentar

Terkait


Sejumlah atlet lari putri berlari saat berlomba dalam nomor Lari Maraton Putri PON Papua di Kompleks Freeport, Kuala Kencana, Kabupaten Mimika, Papua, Sabtu (9/10/2021). Pelari putri DKI Jakarta Odekta Elviani berhasil meraih medali emas, sementara pelari putri DKI Jakarta lainnya Tryaningsih meraih medali perak dan pelari putri Kalimantan Timur Irma Handayani meraih medali perunggu.

Atlet Kaltim Diberi Bantuan Oksigen usai Raih Perunggu

Atlet DKI Jakarta Odekta Elvina Naibaho (kanan) bersama pelatihnya Wita Witarsa berselebrasi usai mencapai garis finish dalam nomor lari maraton putrI PON Papua di kompleks Freeport, Kuala Kencana, Kabupaten Mimika, Papua, Sabtu (9/10/2021). Odekta berhasil meraih medali emas, sementara atlet DKI lainnya Tryaningsih meraih medali perak dan atlet Kalimantan Timur Irma Handayani meraih medali perunggu.

Cetak Hattrick Emas, Odekta: Itu Jadi Bonus

Lifter putri Aceh Nurul Akmal mengangkat beban pada kelas +87 kg PON Papua di Auditorium Universitas Cenderawasih, Kota Jayapura, Papua, Sabtu (9/10). Lifter putri asal Nangroe Aceh Darussalam tersebut berhasil meraih medali emas dengan total angkatan 258 kg sementara medali perak diraih lifter Kalimantan Barat Riska Oktaviana dengan total angkatan 223 kg. Republika/Thoudy Badai

Nurul Akmal Raih Emas dan Pecahkan Rekor Nasional

Atlet lari Jawa Barat Agus Prayogo berlari saat berlomba pada nomor Lari Maraton Putra PON Papua di kompleks Freeport, Kuala Kencana, Kabupaten Mimika, Papua, Sabtu (9/10/2021). Agus Prayogo berhasil meraih medali emas, sementara atlet Sumatera Utara Welman Pasaribu meraih medali perak dan atlet Kalimantan Selatan Muhammad Ady Saputra meraih medali perunggu.

Nikmati Asrinya Hutan Papua, Agus Sabet Emas Marathon

Pebasket DKI Jakarta, Yesaya Alessandro Saudale (kiri) dikawal ketat oleh pebasket Sulawesi Utara, Greans Chandra Bartes Tangkulung (kanan) pada pertandingan final Bola Basket 5x5 Putra PON XX Papua di GOR Basket Mimika Sport Complex, Sabtu (9/10)

Emas Basket Putra PON Akhirnya Kembali ke Jakarta

Kontak Info

Jl. Warung Buncit Raya No 37 Jakarta Selatan 12510 ext

Phone: 021 780 3747

[email protected]ka.co.id (Marketing)

Ikuti

× Image