Raih Medali Emas, Lupita Dihadiahi Helm Freeport

Atlet DI Yogyakarta Indah Lupita Sari (kiri) mengambil air minum dan makanan saat bertanding dalam nomor jalan cepat 20 kilometer putri PON Papua di kompleks Freeport, Kuala Kencana, Kabupaten Mimika, Papua, Sabtu (9/10/2021). Indah berhasil meraih medali emas, sementara atlet Jawa Timur Ari Indah Aprilia meraih medali perak dan atlet Kalimantan Selatan Halida Ulfah meraih medali perunggu.
Atlet DI Yogyakarta Indah Lupita Sari (kiri) mengambil air minum dan makanan saat bertanding dalam nomor jalan cepat 20 kilometer putri PON Papua di kompleks Freeport, Kuala Kencana, Kabupaten Mimika, Papua, Sabtu (9/10/2021). Indah berhasil meraih medali emas, sementara atlet Jawa Timur Ari Indah Aprilia meraih medali perak dan atlet Kalimantan Selatan Halida Ulfah meraih medali perunggu.
Foto: ANTARA/Aditya Pradana Putra

REPUBLIKA.CO.ID, MIMIKA -- PT Freeport Indonesia menghadiahkan helm khusus yang terbuat dari tembaga kepada para peraih medali emas nomor marathon dan 20.000 meter jalan cepat putra putri cabang olahraga atletik di Pekan Olahraga Nasional (PON) XX Papua.

"Helm itu sudah kita persiapkan. Biasanya helm-helm itu kita berikan sebagai cindera mata untuk pejabat-pejabat yang datang ke sini. Tapi ini sengaja kami buat untuk suvenir bagi yang juara satu," ujar Vice President PT Freeport Indonesia Bidang Hubungan Pemerintah, Jonny Lingga di Kompleks Kuala Kencana, Mimika, Papua, Sabtu.

Helm yang dihadiahkan tersebut adalah replika dari helm yang biasa digunakan oleh para pekerja tambang. Helm untuk para juara itu dibuat dari tembaga dan dihiasi motif ukiran. Terdapat tulisan PON XX Papua 2021 dan logo PT Freeport Indonesia di sisi helm.

Jonny mengatakan penggunaan tembaga sebagai material helm bukan tanpa alasan. Dia mengatakan 90 persen pendapatan Freeport Indonesia berasal dari logam tersebut.

Melalui pemberian helm ini, Jonny ingin menunjukkan bahwa para atlet juga memiliki semangat pekerja keras layaknya para pekerja tambang. "Helm itu menunjukkan pekerja keras untuk menghasilkan sesuatu. Sama seperti olahraga, olahraga itu harus latihan. Jadi, itu melambangkan kami adalah pekerja-pekerja keras," ucap Jonny.

Adapun atlet yang memperoleh helm tersebut adalah pelari wakil dari Jawa Barat Agus Prayogo yang meraih emas di nomor marathon putra. Kemudian atlet DKI Jakarta, Odekta Elvina Naibaho, yang meraih emas di nomor marathon putri.

Selanjutnya atlet Jawa Barat, Hendro, yang menyabet emas di nomor 20.000 meter jalan cepat putra. Serta Indah Lupita Sari yang meraih emas di nomor 20.000 meter jalan cepat putri.

Dalam kesempatan itu, Jonny turut mengapresiasi penyelenggaraan lomba marathon dan jalan cepat putra putri yang dihelat di Kompleks Kuala Kencana. Dia berharap ke depan akan semakin banyak ajang perlombaan atau kejuaraan atletik yang digelar di Kabupaten Mimika, agar fasilitas olahraga yang telah dibangun dapat bermanfaat bagi masyarakat luas.

"Ke depannya kami juga berencana, kalau bisa nanti tempat ini dibikin menjadi satu tempat yang bisa ada event-event secara nasional, entah itu lomba lari maraton, lari 10 k, jalan cepat, bersamaan dengan Stadion Mimika Sport Complex yang sudah kami bangun untuk perkembangan olahraga khususnya atletik di Kabupaten mimika, Papua, dan juga Indonesia," kata dia.

Komentar

Terkait


Atlet DKI Jakarta Odekta Elvina Naibaho melakukan hormat saat akan finis dalam nomor lari maraton putrI PON Papua di kompleks Freeport, Kuala Kencana, Kabupaten Mimika, Papua, Sabtu (9/10/2021). Odekta berhasil meraih medali emas, sementara atlet DKI lainnya Tryaningsih meraih medali perak dan atlet Kalimantan Timur Irma Handayani meraih medali perunggu.

Odekta Elvina Dibayangi Trauma Heat Stroke

Pebasket DKI Jakarta, Yesaya Alessandro Saudale (kiri) dikawal ketat oleh pebasket Sulawesi Utara, Greans Chandra Bartes Tangkulung (kanan) pada pertandingan final Bola Basket 5x5 Putra PON XX Papua di GOR Basket Mimika Sport Complex, Sabtu (9/10)

Pelatih DKI Sebut Emas Basket Putra Sesuai Prediksi

Warga menyaksikan perlombaan balap motor cross PON Papua di Arena Balap Motor Tanah Miring, Kabupaten Merauke, Papua, Sabtu (9/10/2021)

Warga Rela Berpanas-panas demi Nonton Balapan Motor PON

Lifter putri Aceh Nurul Akmal melakukan angkatan ?clean and jerk? pada kelas di atas 87 kg PON Papua di Auditorium Universitas Cenderawasih, Kota Jayapura, Papua, Sabtu (9/10/2021). Lifter putri Aceh Nurul Akmal berhasil meraih medali emas dengan total angkatan 258 kg sementara medali perak diraih lifter Kalimantan Barat Riska Oktaviana dengan total angkatan 223 kg.

Atlet PON Peraih Emas Ini Ditemukan di Pematang Sawah

Pebasket putra DKI Jakarta memperlihatkan medalinya usai pertandingan final basket putra 5x5 PON Papua di GOR Mimika Sport Centre, Kabupaten Mimika, Papua, Sabtu (9/10/2021). Tim basket putra DKI Jakarta meraih medali emas, sementara Sulawesi Utara mendapat medali perak dan medali perunggu diraih Jawa Timur.

DKI-Jatim Berjaya di Cabang Populer, Jabar Pimpin Klasemen

Kontak Info

Jl. Warung Buncit Raya No 37 Jakarta Selatan 12510 ext

Phone: 021 780 3747

[email protected] (Marketing)

Ikuti

× Image