Yesaya Persembahkan Emas Basket untuk Mario Gerungan

Pebasket DKI Jakarta, Yesaya Alessandro Saudale (kiri) dikawal ketat oleh pebasket Sulawesi Utara, Greans Chandra Bartes Tangkulung (kanan) pada pertandingan final Bola Basket 5x5 Putra PON XX Papua di GOR Basket Mimika Sport Complex, Sabtu (9/10)
Pebasket DKI Jakarta, Yesaya Alessandro Saudale (kiri) dikawal ketat oleh pebasket Sulawesi Utara, Greans Chandra Bartes Tangkulung (kanan) pada pertandingan final Bola Basket 5x5 Putra PON XX Papua di GOR Basket Mimika Sport Complex, Sabtu (9/10)
Foto: PB PON XX Papua / Ady Sesotya

REPUBLIKA.CO.ID, MIMIKA -- Point guard Yesaya Saudale bersama tim basket putra DKI Jakarta berhasil meraih medali emas PON XX Papua. Yesaya mempersembahkan medali emasnya untuk sang idola yang juga pebasket legendaris Indonesia, Mario Gerungan.

"Mario Gerungan, 'this is for you'," kata Yesaya sambil memamerkan medali emasnya di Mimika Sport Complex, Mimika, Sabtu (9/10), seperti dikutip dari Antara.

Selain menggenggam medali emas, Yesaya juga memegang sebuah jersey bola basket bernomor tujuh dengan nama Gerungan di atasnya. Baju itu tak lepas dari tangan Yesaya setelah DKI Jakarta memastikan medali emas PON Papua usai menundukkan Sulawesi Utara 65-57 dalam final Sabtu.

Baju tersebut bahkan dibawanya saat menerima medali emas di podium. Ternyata, seragam itu adalah yang dikenakan Mario Gerungan saat membawa DKI Jakarta menjadi juara bola basket putra PON 2008 di Kalimantan Timur.

Medali emas ini adalah yang terakhir bagi DKI Jakarta sebelum merengkuhnya kembali pada PON Papua 2021. "Dia memberikan ini untuk saya tahun 2019 demi memotivasi saya mendapatkan medali emas PON Papua. Di sini dia menulis, 'Bring back the gold medals! GBU'. Dan inilah dia, medali emasnya," kata Yesaya.

Atlet berusia 21 tahun itu mendapatkan seragam PON 2008 milik Mario Gerung saat menjadi bintang tamu dalam kanal Youtube pesohor dan pencinta bola basket Augie Fantinus yang diunggah pada 24 Juli 2019. Video tersebut memperlihatkan bagaimana Mario Gerungan yang semasa aktif bermain sangat lekat dengan klub Aspac, menandatangani seragam PON 2008-nya dan memberikan pesan untuk Yesaya.

"Ini 'jersey' PON DKI 2008, terakhir kalinya tim PON DKI dapat medali emas. Semoga ini jadi motivasi buat lo (kamu) dan lo bisa bawa balik emas ke DKI," tutur Mario kepada Yesaya.

Tim basket putra DKI Jakarta mengakhiri 13 tahun tanpa medali emas PON dengan menjadi yang terbaik pada PON Papua setelah mengalahkan Sulawesi Utara 72 -57 dalam final di Mimika Sport Complex. Jakarta terakhir kali merengkuh medali emas PON saat PON 2008 di Samarinda, Kalimantan Timur.

Komentar

Terkait


Pebasket putra DKI Jakarta memperlihatkan medalinya usai pertandingan final basket putra 5x5 PON Papua di GOR Mimika Sport Centre, Kabupaten Mimika, Papua, Sabtu (9/10/2021). Tim basket putra DKI Jakarta meraih medali emas, sementara Sulawesi Utara mendapat medali perak dan medali perunggu diraih Jawa Timur.

Jaring Ring Basket Dicopot Buat Oleh-Oleh PON Papua

Menteri Pemuda dan Olahraga Zainudin Amali (tengah)

Menpora Kunjungi Pasar Tradisional Mama-Mama Papua

Pelari Nusa Tenggara Barat Lalu Mohammad Zohri menggigit medali usai menjuarai nomor lari 100 meter putra PON Papua di Stadion Atletik Mimika Sport Center, Kabupaten Mimika, Papua, Rabu (6/10/2021). Zohri meraih medali emas, sementara pelari Nusa Tenggara Barat lainnya Sudirman Hadi meraih medali perak dan pelari Kalimantan Tengah Eko Rimbawan meraih medali perunggu.

Hari Ini, Lalu Zohri Turun di Nomor 200 Meter

Menpora Zainudin Amali.

Menpora Tutup Festival PON Kopi Papua

Triadi Fauzi

Triadi tak Terbendung di 50 Meter Gaya Bebas

Kontak Info

Jl. Warung Buncit Raya No 37 Jakarta Selatan 12510 ext

Phone: 021 780 3747

[email protected] (Marketing)

Ikuti

× Image