Selasa 12 Oct 2021 06:40 WIB

Rashford Berterima Kasih kepada Penggemar Soal Rasialisme

Marcus Rashford menjadi sasaran rasialisme setelah gagal penalti di final Piala Eropa

Red: Israr Itah
Reaksi penyerang Inggris Marcus Rashford setelah dia gagal mencetak gol dalam adu penalti. Rashford menjadi sasaran aksi rasialisme setelah kegagalannya ini.
Foto: Al Jazeera.com
Reaksi penyerang Inggris Marcus Rashford setelah dia gagal mencetak gol dalam adu penalti. Rashford menjadi sasaran aksi rasialisme setelah kegagalannya ini.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Pemain Inggris dan Manchester United (MU) Marcus Rashford atas dukungan yang didapatkannya selepas gagal mengeksekusi penalti pada final Piala Eropa 2020, Juli lalu. Ia mengaku tidak pernah mendapat dukungan seperti yang ia terima dari para penggemarnya setelah menjadi target tindakan rasisme selepas kegagalan tersebut.

Kegagalan Rashford dalam adu penalti melawan Italia itu membuat Inggris gagal meraih gelar di Wembley. Rekan satu tim pemain 23 tahun itu, Jadon Sancho dan Bukayo Saka juga menjadi sasaran setelah gagal mengeksekusi tendangan penalti.

Baca Juga

Sebuah mural Rashford di Manchester juga dirusak, tapi masyarakat datang bersama-sama dan meninggalkan pesan dukungan untuk menutupi tindakan vandalisme tersebut. Rashford pun menilai ini sebagai perbuatan yang istimewa.

"Menyenangkan mendapat dukungan dari berbagai tipe orang. Ini mungkin sesuatu yang belum pernah saya alami sebelumnya," ujar Rashford kepada BBC, seperti dikutip dari Reuters, Senin (11/10).

Ia mengatakan, langkah Inggris sejauh itu cukup baik dan tidak diduga. Meskipun kalah, menurut Rashford, Inggris pantas diapresiasi karena takluk hingga ddetik akhir lewat adu penalti.

"Namun tidak pernah ada waktu di mana rasisme dapat diterima, atau kita harus menerima rasisme dan melanjutkan hidup kita. Namun mungkin panggung terbesar rasisme telah ada di depan kami sebagai pemain muda. Saya senang melihat begitu banyak orang mendukung kami tanpa kami harus mengatakan apa-apa," ungkap Rashford.

Rashford absen setelah menjalani operasi cedera bahu yang telah dideritanya sejak September tahun lalu. "Pemulihan saya adalah, saya tidak akan mengatakan semuanya akan segera berakhir, karena jelas saya harus tetap menjaga hal itu, tapi saya jauh lebih baik secara fisik dan mental," kata Rashford.

Rashford menantikan kesempatan bermain bersama Cristiano Ronaldo yang telah menjadi idolanya saat menjalankan tugas pertamanya di Old Trafford.

"Selalu menyenangkan ketika seorang legenda klub menemukan jalan kembali ke klub. Bermain dengannya (CristianoRonaldo) dan kembali di Old Trafford adalah perasaan yang luar biasa, dan semoga ini memberi kami dorongan untuk mulai memenangkan lebih banyak trofi," kata dia.

Klasemen Premier League Musim 2024
Pos Team Main Menang Seri Kalah Gol -/+ Poin
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement