Selasa 12 Oct 2021 21:33 WIB

Dubes Polandia Puji Indonesia Sukses Tekan Covid-19

Polandia siap membantu Indonesia sukseskan vaksinasi nasional

Red: Nashih Nashrullah
Polandia siap membantu Indonesia sukseskan vaksinasi nasional. Petugas kesehatan menyuntikkan vaksin COVID-19 kepada seorang warga (ilustrasi).
Foto: Antara/Dhemas Reviyanto
Polandia siap membantu Indonesia sukseskan vaksinasi nasional. Petugas kesehatan menyuntikkan vaksin COVID-19 kepada seorang warga (ilustrasi).

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA— Duta Besar Polandia untuk Indonesia Beata Stoczynska menyampaikan pujian kepada pemerintah Indonesia yang dinilai berhasil menerapkan langkah-langkah untuk meredakan lonjakan kasus Covid-19 di dalam negeri.

"Saat ini saya melihat pemerintah Indonesia sangat baik dalam menahan penyebaran wabah virus corona. Saya ucapkan selamat yang sebesar-besarnya kepada Indonesia yang telah berhasil mengurangi lonjakan kasus Covid-19-nya," kata Stoczynska dalam wawancara khusus dengan ANTARA di Jakarta, Selasa (12/1).

Baca Juga

Dia menyoroti perbedaan situasi di Indonesia saat jumlah kasus Covid-19 melonjak pada pertengahan 2021 dibandingkan dengan situasi sekarang saat kasus infeksi virus corona mulai menurun.

"Karena seperti yang kita ingat bahwa pada Juni dan Juli tahun ini, kasus Covid-19 di Indonesia sangat tinggi dan menjadi masalah, dan semua orang ketakutan. Tapi apa yang kita lihat sekarang adalah situasi yang sama sekali berbeda ... sudah jauh lebih baik," ujar Stoczynska.

"Saya sangat menghormati pemerintah Indonesia dan juga kepemimpinan Presiden Joko Widodo, kementerian kesehatan dan lembaga lainnya atas semua yang telah mereka lakukan untuk mencapai situasi (yang lebih baik) yang kita miliki saat ini di Indonesia," lanjutnya.

Stoczynska juga menyampaikan bahwa pemerintah Polandia siap membantu jika Indonesia membutuhkan tambahan dosis vaksin Covid-19 untuk program vaksinasi nasional.

"Polandia juga siap membantu jika Indonesia membutuhkan tambahan dosis vaksin, Polandia siap berbagi," katanya. "Kami sudah menyatakan kesiapan kami untuk membantu pemerintah Indonesia bahwa jika Anda membutuhkan lebih banyak dosis vaksin, pemerintah Polandia siap untuk membicarakan hal ini dengan Indonesia," kata Stoczynska.

Dia juga menjelaskan bahwa situasi di Polandia sudah membaik, dan hampir 60 persen populasi Polandia telah divaksin lengkap. Namun, pemerintah negara itu sedang mempertimbangkan untuk menerapkan penguncian (lockdown) keempat untuk mencegah penyebaran infeksi corona saat anak-anak mulai kembali ke sekolah dan masyarakat akan menyambut musim liburan pada November.

"Jadi, kemungkinan akan ada lockdownkeempat pada November. Masyarakat Polandia juga masih terus berhati-hati dengan menerapkan protokol kesehatan dengan baik dan bertanggung jawab," ujar Dubes Stoczynska. 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement