Lulusan UMM Harus Punya Mental Pemenang

Rep: Wilda Fizriyani/ Red: Muhammad Fakhruddin

Lulusan UMM Harus Punya Mental Pemenang (ilustrasi).
Lulusan UMM Harus Punya Mental Pemenang (ilustrasi). | Foto: Universitas Muhammadiyah Malang (UMM)

REPUBLIKA.CO.ID,MALANG -- Rektor Universitas Muhammadiyah Malang (UMM), Fauzan menuntut lulusan kampusnya harus memiliki mental pemenang dan bisa beradaptasi dalam berbagai situasi. Hal ini diungkapkan Fauzan saat memberikan sambutan pada wisuda periode III ke 101 di Hall Dome UMM, Selasa (12/10).

Menurut Fauzan, terdapat berbagai perbedaan kondisi antara wisuda dua tahun lalu dengan yang sekarang khususnya keadaan pandemi yang kini masih berlangsung. Sebab itu, diperlukan adanya kemampuan untuk berpikir kritis, kreatif dan dinamis. "Maka saya mendorong para wisudawan untuk mengambil hikmah meski berada di situasi seperti ini," kata Fauzan dalam pesan resmi yang diterima Republika, Selasa (12/10).

Selain itu, Fauzan juga menjelaskan, para wisudawan akan menghadapi masa depan yang sulit diprediksi. Oleh karena itu, mereka dituntut untuk menjadi orang yang mudah beradaptasi. Dia yakin berbagai pengalaman studi di UMM sudah bisa dijadikan alat untuk beradaptasi dan memenangkan kompetisi di kehidupan nyata.

Pada kegiatan ini, turut hadir Presiden dan CEO PT Aerofood Indonesia, I Wayan Susena untuk memotivasi para wisudawan dengan bercerita perjalanan karirnya. Ia dulu berkeinginan bekerja sebagai penerbang pesawat tempur. Namun takdir berkata lain, ia malah berkarya sebagai direktur teknik untuk Garuda Indonesia. 

"Saat itu saya bertugas menjamin keamanan dan keselamatan pesawat untuk terbang," ungkapnya.

Menurut Wayan, semua hal yang ia gapai bukan suatu kebetulan. Sebab, dia harus melalui proses panjang terkait kesabaran, ketabahan, ketangguhan, doa dan berrsyukur kepada Tuhan yang Maha Esa. Oleh karena itu, dia mendorong wisudawan untuk terus berusaha dan tidak melupakan memberikan kontribusi di manapun mereka berada. 

"Mulailah dengan langkah kecil. Saya yakin jika mulai dilakukan, langkah-langkah besar juga akan menyusul dan memberikan perubahan yang besar pula," ungkapnya. 

Sementara itu, Menteri Koordinator (Menko) Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (PMK) RI, Profesor Muhadjir Effendy menjelaskan, lulusan UMM pada tahun ini, lalu dan yang akan datang adalah lulusan yang tidak mudah. Hal itu tidak lepas dari berbagai perubahan dan perkembangan yang terjadi. Untuk itu, diperlukan proses pemantapan diri dan kesiapan dalam melakukan yang terbaik terutama usai menyelesaikan studi dan lulus dari Kampus Putih. 

Ia menilai, lulusan UMM harus memiliki kemampuan yang mumpuni. Hal itu tidak lepas dari kiprah UMM yang sudah dikenal baik di dalam negeri maupun tingkat internasional. Terakhir, Muhadjir juga mengingatkan agar para wisudawan tidak lupa dengan almamater UMM. 

Update Berita-Berita Politik Persepektif Republika.co.id

Terkait


Mahasiswa UMM Hibur Lansia dan Anak-anak di Rumah Asuh

Mahasiswa UMM Ciptakan Pembersih Kaki Praktis dari Teh Hijau

Mahasiswa UMM Ciptakan Pengawet Alami dari Umbi Kucai

Mahasiswa UMM Ubah Rambut Jagung Jadi Minuman

Mahasiswa UMM Buat Minuman Prebiotik Pengganti Susu Sapi

Republika Digital Ecosystem

Kontak Info

Republika Perwakilan DIY, Jawa Tengah & Jawa Timur. Jalan Perahu nomor 4 Kotabaru, Yogyakarta

Phone: +6274566028 (redaksi), +6274544972 (iklan & sirkulasi) , +6274541582 (fax),+628133426333 (layanan pelanggan)

yogya@republika.co.id

Ikuti

× Image
Light Dark