Pemkab Purbalingga Dorong UMKM Optimalkan Digitalisasi

Red: Muhammad Fakhruddin

Pemkab Purbalingga Dorong UMKM Optimalkan Digitalisasi (ilustrasi).
Pemkab Purbalingga Dorong UMKM Optimalkan Digitalisasi (ilustrasi). | Foto: UGM

REPUBLIKA.CO.ID,PURBALINGGA -- Pemerintah Kabupaten Purbalingga, Jawa Tengah mendorong para pelaku usaha mikro, kecil dan menengah (UMKM) di wilayah setempat untuk mengoptimalkan digitalisasi agar dapat memasarkan produknya secara digital.

"Pemkab Purbalingga terus berupaya untuk mengembangkan sektor UMKM melalui berbagai program strategis. Pemkab juga berkomitmen untuk memberikan pendampingan agar para pelaku UMKM segera melakukan transformasi digital," kata Plt Kepala Dinperindag Purbalingga, Johan Arifin di Purbalingga, Kamis (14/10).

Dia mengatakan pihaknya terus berupaya memberikan pendampingan agar para pelaku UMKM segera melakukan transformasi digital salah satunya terkait branding digital. Brading digital ini penting agar pelaku UMKM makin memahami mengenai branding produk baik dalam pembuatan logo, kemasan, pencitraan dan strategi pemasaran.

"Beberapa waktu yang lalu kami baru saja melaksanakan program pendampingan bagi 65 pelaku UMKM terkait dengan branding produk dan branding digital," katanya.

Dia mengatakan kegiatan tersebut merupakan bagian dari program pengembangan UMKM di wilayah setempat.

Sementara itu, Bupati Purbalingga Dyah Hayuning Pratiwi menambahkan sektor UMKM merupakan salah satu sektor yang sangat potensial untuk dikembangkan sehingga perlu mendapat perhatian.

Selain itu, dia juga mendorong para pelaku UMKM di wilayah setempat terus berkarya dan berinovasi di tengah pandemi COVID-19. "Kami mendorong dan memberikan semangat kepada para pelaku UMKM untuk tetap optimis, terus berkarya, berproduksi dan berinovasi dengan tetap menerapkan protokol kesehatan," katanya.

Sebelumnya, akademisi dari Universitas Jenderal Soedirman (Unsoed) Dra. Yusriyati Nur Farida MSi.,Ak mengatakan pemerintah perlu mendorong digitalisasi UMKM agar dapat terus bertahan di tengah pandemi COVID-19.

Dosen fakultas ekonomi dan Bisnis Unsoed Purwokerto itu mengatakan perkembangan teknologi informasi dan akses internet perlu dimanfaatkan para pelaku UMKM untuk memasarkan produknya secara digital.

"Penggunaan internet akan membantu para pelaku UMKM untuk menjalankan usahanya di tengah pembatasan mobilitas masyarakat. Karena itu pemerintah perlu memberikan pendampingan agar pelaku UMKM dapat mengoptimalkan penggunaan internet untuk menjalankan usaha daring agar jangkauan lebih luas," katanya.

sumber : ANTARA
BACA JUGA: Ikuti Serial Sejarah dan Peradaban Islam di Islam Digest , Klik di Sini

Terkait


Bank Mandiri Gandeng Yokke Tingkatkan Ekspansi Digital UMKM

Gubernur Khofifah Tekankan Pentingnya Digitalisasi Koperasi

Digitalisasi UMKM Melalui Inovasi Digital Didorong

Pemkab Purbalingga Petakan Potensi Unggulan untuk Ekspor

Survei: Uang Elektronik Bantu UMKM Selama Pandemi Covid-19

Republika Digital Ecosystem

Kontak Info

Republika Perwakilan DIY, Jawa Tengah & Jawa Timur. Jalan Perahu nomor 4 Kotabaru, Yogyakarta

Phone: +6274566028 (redaksi), +6274544972 (iklan & sirkulasi) , +6274541582 (fax),+628133426333 (layanan pelanggan)

yogya@republika.co.id

Ikuti

× Image
Light Dark