Jumat 15 Oct 2021 10:41 WIB

Rooney Yakin Harry Kane Mampu Pecahkan Rekor Gol Shearer

Rooney menganggap kritik terhadap Kane tidak adil

Rep: Fitriyanto/ Red: Muhammad Akbar
Wayne Rooney memilih gantung sepatu untuk fokus menjadi pelatih Derby County.
Foto: EPA-EFE/PETER POWELL
Wayne Rooney memilih gantung sepatu untuk fokus menjadi pelatih Derby County.

REPUBLIKA.CO.ID, MANCHESTER — Wayne Rooney mengatakan striker Tottenham Harry Kane adalah yang paling dekat untuk memecahkan rekor gol Liga Premier Alan Shearer sebangak 260 gol.

Kapten Inggris itu belum pernah membela klub atau negaranya sejauh musim ini, menyusul usahanya untuk meninggalkan Spurs di musim panas. Rooney menganggap kritik terhadap Kane tidak adil dan percaya pemain berusia 28 tahun itu bisa mendekati rekor Shearer.

Manajer Derby itu mengatakan kepada Sky Sports, "Saya pribadi berpikir itu [kritik terhadap Kane] adalah reaksi berlebihan jika saya jujur.

“Ini adalah pertandingan pertama untuk sementara waktu dia tidak mencetak gol untuk Inggris dan untuk Tottenham dia masih mencetak beberapa gol musim ini meskipun tidak di Liga Premier,” kata Rooney.

“Dia salah satu striker terbaik di dunia dan ketika Anda tidak mencetak gol, orang memiliki pendapat mereka sendiri, yang tentu saja berhak mereka dapatkan, tetapi Harry adalah pemain yang cukup bagus dan orang yang cukup besar untuk melewati periode ini,” lanjut Rooney.

“Ini sedikit periode yang sulit baginya yang mungkin belum pernah dia alami [sebelumnya]. Semua striker menghadapinya dan Tottenham sendiri tidak dalam performa terbaiknya, jadi itu tergantung pada tim,” tegas Rooney lagi.

Tentang pemecahan rekor Shearer, Kane yang saat ini menorehkan 166 gol, Rooney menambahkan, "Saya pikir begitu Harry mendapatkan gol pertamanya di Liga Premier maka dia akan kembali mencetak gol secara teratur."

“Saya pikir sebagai striker Anda diharapkan untuk mencetak gol tetapi saya pikir Harry telah mengubah permainannya sedikit dalam beberapa tahun terakhir dan dia datang sedikit lebih dalam,” katanya.

“Dia menciptakan beberapa gol selama beberapa tahun terakhir juga, tetapi pada akhirnya orang akan melihat [ketika Anda tidak mencetak gol],” tambah Rooney.

“Saya tidak berpikir ada masalah dengan Kane, dia striker top. Dia mungkin akan menjadi orang yang paling dekat dengan rekor Alan Shearer di Liga Premier. Dia sedang melalui masa sulit tetapi tidak ada keraguan dalam pikiran saya bahwa dia akan melewatinya,” ujarnya.

Klasemen Premier League Musim 2024
Pos Team Main Menang Seri Kalah Gol -/+ Poin
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement