Clock Magic Wand Quran Compass Menu

3 Pose Yoga Pernapasan untuk Pemulihan Covid-19

Pose yoga berikut juga bisa dilakukan kapan saja oleh semua orang.

Red: Reiny Dwinanda
Rep: Desy Susilawati
Latihan pernapasan dengan gerakan yoga dapat membantu memulihkan kondisi orang yang tengah berjuang sembuh dari Covid-19.
Pxhere Latihan pernapasan dengan gerakan yoga dapat membantu memulihkan kondisi orang yang tengah berjuang sembuh dari Covid-19.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Covid-19 dapat menyebabkan gangguan pernapasan pada penderitanya, terutama bagi mereka yang memiliki penyakit penyerta. Tak heran jika para ahli menyarankan untuk rutin latihan pernapasan untuk memperbaiki fungsi paru.

Selain itu, latihan pernapasan juga memiliki banyak manfaat, seperti meningkatkan fokus, membangun kekuatan paru-paru, serta menimbulkan rasa damai dan tenang ketika dipraktikkan dengan teknik yang benar. Pelatih yoga di India, Mansi Gandhi, merekomendasikan tiga cara latihan pernapasan untuk orang yang sedang berjuang sembuh dari Covid-19.

"Latihan pernapasan bisa membantu jika terkena Covid-19, tapi ini sebetulnya bisa dilakukan oleh siapa saja atau kapan saja," ujarnya, dikutip dari laman Indian Express, Jumat (15/10).

 
 
 
View this post on Instagram
 
 
 

A post shared by Mansi Gandhi (@mansigandhiyoga)

Latihan 1
- Berbaring telentang dengan lutut ditekuk.

- Letakkan satu tangan di pusar dan tangan lainnya di atasnya.

- Tarik napas dalam dan dorong pusar dengan telapak tangan menghitung sampai enam.

- Buang napas dan dorong telapak tangan dengan pusar sambil menghitung sampai enam.

- Ulangi kegiatan tersebut.

Latihan kedua

- Duduk bersila atau di kursi.

- Letakkan satu tangan di pusar dan tangan lainnya di tangan pertama.

Scroll untuk membaca

- Bernapaslah sambil menekan pusar dengan telapak tangan, hitung sampai enam.

- Buang napas dengan mendorong telapak tangan dengan pusar.

- Ulangi.

Latihan ketiga

- Duduk bersila atau di kursi.

- Rentangkan tangan di depan dada seperti hendak menyatukan kedua telapak tangan kemudian hirup udara.

- Lebarkan rentangan tangan sejajar dengan bahu, tahan napas hingga empat hitungan.

- Setelah itu embuskan.

- Satukan kedua tangan kembali dan tahan hingga hitungan keempat. Lalu ulangi.

BACA JUGA: Ikuti News Analysis Isu-Isu Terkini Persepektif Republika.co.id

Berita Lainnya

Berita Terkait

Wiku: Kondisi Covid-19 di Indonesia Saat Ini Terkendali

umum - 15 October 2021, 10:36

Belasan Jaksa AS Surati Facebook tentang Disinformasi Vaksin

amerika - 15 October 2021, 10:03

Inggris Longgarkan Aturan Tes Covid-19 Penumpang Pesawat

eropa - 15 October 2021, 09:50

Menjelang Nataru, Satgas Minta Siapkan Hal Ini

umum - 15 October 2021, 06:45

Madiun Tuntaskan Vaksinasi Pelajar SD Usia 12 Tahun

jateng-jatim - 14 October 2021, 23:04

Berita Rekomendasi

Video

>

Berita Terpopuler

>