Sabtu 16 Oct 2021 08:30 WIB

Resmi, Formula E di Jakarta Digelar pada 4 Juni 2022

Formula E sejalan dengan program Jakarta Langit Biru yang dicetuskan Gubernur Anies.

Rep: Antara/ Red: Erik Purnama Putra
Rilis resmi jadwal Jakarta menjadi tuan rumah Formula E.
Foto: Dok Formula E
Rilis resmi jadwal Jakarta menjadi tuan rumah Formula E.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Provinsi DKI Jakarta resmi menjadi tuan rumah balap mobil listrik ABB FIA Formula E tahun 2022, berdasarkan penetapan FIA World Motor Sport Council di Kota Paris, Prancis pada Jumat (15/10) waktu setempat. Ketetapan tersebut sekaligus meratifikasi kalendar balapan musim ke-8 tahun 2021/2022.

Jakarta akan menjadi tuan rumah balap mobil listrik ramah lingkungan tersebut pada 4 Juni 2022. Jakarta akan sejajar dengan Roma, New York, Berlin, London, Seoul, hingga Monako yang juga menjadi tuan rumah Formula E.

Dalam video yang dibagikan khusus untuk penggemar olahraga otomotif di Indonesia, Chief Championship Officer sekaligus Co-founder Formula E, Alberto Longo, menyampaikan apresiasi yang tinggi atas partisipasi Indonesia. Longo menekankan pentingnya Jakarta E-Prix bagi Indonesia dan ABB Formula E.

Longo juga mengapresiasi upaya Presiden Joko Widodo (Jokowi) dalam mengurangi ketergantungan Indonesia pada energi konvensional, dan beralih pada energi ramah lingkungan, sebuah filosofi yang senada dengan pandangan FEO.

"Apalagi dalam merealisasikan filosofi tersebut dan untuk mengambil manfaat dari tren mobil listrik dunia, Presiden Joko Widodo berencana menjadikan Indonesia sebagai pusat produksi mobil listrik dan baterai mobil," kata Longo dalam video yang diunggah Sabtu.

Longo pun mengutip pesan penting yang disampaikan Gubernur DKI Anies Rasyid Baswedan terkait balapan Formula E yang sejalan dengan program Jakarta Langit Biru dalam mewujudkan udara yang bersih.

Anies berpesan, Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI Jakarta berupaya menggeser kendaraan pribadi dengan transportasi umum dan mempromosikan penggunaan mobil listrik sebagai bagian dari beberapa langkah yang akan ditempuh.

"Ini adalah upaya lintas generasi, dan Formula E akan membantu untuk merangkul partisipasi generasi muda dan para milenial," kata Longo.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement