Clock Magic Wand Quran Compass Menu

Atlet Kabupaten Bekasi Sumbang 90 Medali di PON Papua

Atlet Kabupaten Bekasi sumbang 25 persen medali dari total medali yang diraih Jabar.

Red: Erik Purnama Putra
Rep: Antara
Perenang asal Kabupaten Bekasi, Aflah Fadlan Prawira sumbang enam medali emas, tiga perak, dan satu perunggu bagi kontingen Jabar.
ANTARA/M Risyal Hidayat Perenang asal Kabupaten Bekasi, Aflah Fadlan Prawira sumbang enam medali emas, tiga perak, dan satu perunggu bagi kontingen Jabar.

REPUBLIKA.CO.ID, BEKASI -- Atlet Kabupaten Bekasi berhasil meraih 90 medali untuk membantu kontingen Jawa Barat (Jabar) mempertahankan gelar juara umum di ajang Pekan Olahraga Nasional (PON) XX Papua pada 2-15 Oktober 2021.

"Kalian pejuang yang pantas dibanggakan," kata Ketua Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI) Kabupaten Bekasi Reza Luthfi Hasan yang berada di Jayapura, Papua saat dihubungi dari Kabupaten Bekasi, Jumat (15/10) petang WIT.

Reza menyampaikan ucapan selamat kepada atlet peraih medali tersebut dan berterima kasih atas perjuangan seluruh atlet, pelatih, manajer, pengurus cabang olahraga, serta pendamping kontingen asal Kabupaten Bekasi, yang telah menjaga harga diri Jabar di kancah olahraga tingkat nasional.

Scroll untuk membaca

Dia mengatakan, raihan 90 medali itu terdiri atas 39 medali emas yang berasal dari sejumlah cabang olahraga (cabor). Di antaranya, renang, catur, angkat besi dan angkat berat, dayung, silat, paralayang, menembak, karate, selam, hoki, biliar, terbang layang, panahan, taekwondo, judo, dan gantole.

Atlet Kabupaten Bekasi juga mampu menyabet 22 medali perak dan 29 medali perunggu bagi Jabar di ajang empat tahunan itu. "Totalnya 90 medali dari 90 atlet kita yang memperkuat Jabar. Mayoritas atlet kita berhasil mencapai target meraih medali," kata Reza.

Perenang Aflah Fadlan Prawira menjadi atlet Kabupaten Bekasi tersukses dengan kontribusi enam medali emas, tiga perak, dan satu perunggu bagi kontingen Jabar. Pecatur dan petembak Kabupaten Bekasi juga meraih hasil maksimal dengan sumbangan masing-masing empat medali emas baik di nomor perorangan maupun beregu.

Begitu pula di cabor selam dan dayung yang sukses membawa pulang tiga medali emas. "Catatan impresif ini sekaligus menjadi modal utama kami untuk meraih gelar juara umum di Porprov (Pekan Olahraga Provinsi) Jabar mendatang," kata Reza.

Kontingen Jabar berkekuatan 770 atlet yang turun di 37 cabor, berhasil meraih 133 medali emas, 105 perak, dan 118 perunggu atau total 356 medali hingga dinobatkan sebagai juara umum PON XX Papua. "Secara keseluruhan atlet Kabupaten Bekasi mampu berkontribusi maksimal hingga menyumbang 25 persen lebih medali dari total medali yang diraih Jawa Barat," kata Reza.

BACA JUGA: Ikuti News Analysis Isu-Isu Terkini Persepektif Republika.co.id

Berita Lainnya

Berita Terkait

Wapres: Ini PON Tersulit yang Bisa Diselenggarakan

news-pon-2021 - 15 October 2021, 20:53

Ridwan Kamil: Saya Bahagia Lahir Batin dengan PON Papua

serba-serbi-pon-2021 - 15 October 2021, 18:57

Namanya Disebut Terkait Ricuh Tinju, Ini Kata Wagub Jateng

jateng-jatim - 15 October 2021, 17:52

Jabar Juara Umum, Ini Klasemen Akhir PON Papua

news-pon-2021 - 15 October 2021, 17:29

Jabar Siapkan Bonus untuk Para Peraih Emas PON Papua

pemprov-jabar - 15 October 2021, 15:53

Berita Rekomendasi

Video

>

Berita Terpopuler

>