Friday, 18 Jumadil Akhir 1443 / 21 January 2022

Friday, 18 Jumadil Akhir 1443 / 21 January 2022

PON Sukses, Mahfud: Bukti Rakyat Papua Dukung NKRI

Sabtu 16 Oct 2021 11:56 WIB

Rep: Flori Sidebang/ Red: Indira Rezkisari

Suasana pertunjukkan kembang api saat Upacara Penutupan PON Papua di Stadion Lukas Enembe, Kampung Harapan, Sentani, Kabupaten Jayapura, Papua, Jumat (15/10/2021).

Suasana pertunjukkan kembang api saat Upacara Penutupan PON Papua di Stadion Lukas Enembe, Kampung Harapan, Sentani, Kabupaten Jayapura, Papua, Jumat (15/10/2021).

Foto: ANTARA/Fauzan
Kesuksesan PON membuktikan kebersatuan di Indonesia kuat.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Menteri Koordinator Bidang Politik, Hukum, dan Keamanan (Menko Polhukam) Mahfud MD mengatakan, acara Pekan Olahraga Nasional (PON) XX di Papua berlangsung sangat aman. Menurut Mahfud, kondisi ini merupakan pembuktian bahwa Indonesia mampu membangun kebersamaan di tanah Papua.

“Yang paling penting pembuktian bahwa rakyat Papua beserta pemerintah daerah dan aparatnya kompak, menyatakan kebersatuan dan dukungannya kepada NKRI. Dari Gubernur dan rakyat senantiasa meneriakkan NKRI dan mengumandangkan Indonesia raya,” kata Mahfud dalam keterangan tertulis resminya di Jakarta, Sabtu (16/10).

Baca Juga

Mahfud turut hadir di Papua untuk mengikuti penutupan PON XX yang dilakukan oleh Wakil Presiden Ma'aruf Amin. Sementara itu, Mahfud juga hadir secara langsung saat Presiden Joko Widodo membuka acara olahraga empat tahunan itu pada 2 Oktober 2021 lalu.

Mahfud menilai, pelaksanaan PON ini pun menunjukkan Indonesia mampu menyelenggarakan aktivitas yang penuh disiplin dan sportif. Bahkan, kata dia, beberapa cabang olahraga berhasil memecahkan rekor di Asia.

Meski demikian, menurut dia, hal yang terpenting dari kesuksesan pelaksanaan PON tersebut adalah membuktikan kebersatuan di Indonesia yang kuat. “Semakin yakin kita, bahwa Papua ini sangat NKRI, yang separatis, yang memberontak dan yang bikin kerusuhan hanya sedikit sekali dan di tempat tertentu saja. Di Papua urusan NKRI sudah selesai,” jelas Mahfud.

Selain itu, Mahfud juga mengapresiasi dan mengucapkan terima kasih kepada masyarakat Papua, pemerintah daerah, aparat keamanan, dan semua pihak yang sudah terlibat dan mensukseskan PON. Sehingga bisa berlangsung aman dan lancar selama dua pekan terakhir.

BACA JUGA: Ikuti News Analysis Isu-Isu Terkini Persepektif Republika.co.id
 
 
 
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

f
 

BERITA LAINNYA

 
 
 
hide ads show ads
desktop mobile