Sabtu 16 Oct 2021 18:56 WIB

PON Sukses, Mahfud: Bukti Rakyat Papua Dukung NKRI

Kesuksesan PON membuktikan kebersatuan di Indonesia kuat.

Rep: Flori Sidebang/ Red: Indira Rezkisari
Suasana pertunjukkan kembang api saat Upacara Penutupan PON Papua di Stadion Lukas Enembe, Kampung Harapan, Sentani, Kabupaten Jayapura, Papua, Jumat (15/10/2021).
Foto: ANTARA/Fauzan
Suasana pertunjukkan kembang api saat Upacara Penutupan PON Papua di Stadion Lukas Enembe, Kampung Harapan, Sentani, Kabupaten Jayapura, Papua, Jumat (15/10/2021).

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Menteri Koordinator Bidang Politik, Hukum, dan Keamanan (Menko Polhukam) Mahfud MD mengatakan, acara Pekan Olahraga Nasional (PON) XX di Papua berlangsung sangat aman. Menurut Mahfud, kondisi ini merupakan pembuktian bahwa Indonesia mampu membangun kebersamaan di tanah Papua.

“Yang paling penting pembuktian bahwa rakyat Papua beserta pemerintah daerah dan aparatnya kompak, menyatakan kebersatuan dan dukungannya kepada NKRI. Dari Gubernur dan rakyat senantiasa meneriakkan NKRI dan mengumandangkan Indonesia raya,” kata Mahfud dalam keterangan tertulis resminya di Jakarta, Sabtu (16/10).

Baca Juga

Mahfud turut hadir di Papua untuk mengikuti penutupan PON XX yang dilakukan oleh Wakil Presiden Ma'aruf Amin. Sementara itu, Mahfud juga hadir secara langsung saat Presiden Joko Widodo membuka acara olahraga empat tahunan itu pada 2 Oktober 2021 lalu.

Mahfud menilai, pelaksanaan PON ini pun menunjukkan Indonesia mampu menyelenggarakan aktivitas yang penuh disiplin dan sportif. Bahkan, kata dia, beberapa cabang olahraga berhasil memecahkan rekor di Asia.

Meski demikian, menurut dia, hal yang terpenting dari kesuksesan pelaksanaan PON tersebut adalah membuktikan kebersatuan di Indonesia yang kuat. “Semakin yakin kita, bahwa Papua ini sangat NKRI, yang separatis, yang memberontak dan yang bikin kerusuhan hanya sedikit sekali dan di tempat tertentu saja. Di Papua urusan NKRI sudah selesai,” jelas Mahfud.

Selain itu, Mahfud juga mengapresiasi dan mengucapkan terima kasih kepada masyarakat Papua, pemerintah daerah, aparat keamanan, dan semua pihak yang sudah terlibat dan mensukseskan PON. Sehingga bisa berlangsung aman dan lancar selama dua pekan terakhir.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement