Sabtu 16 Oct 2021 23:12 WIB

Penyandang disabilitas di Temanggung Ikuti Pelatihan Barista

Penyandang disabilitas netra di Temanggung ikuti pelatihan barista

Red: Bayu Hermawan
Kopi (ilustrasi)
Foto: PixaHive
Kopi (ilustrasi)

REPUBLIKA.CO.ID, TEMANGGUNG -- Belasan penyandang disabilitas sensorik netra di Panti Pelayanan Sosial Disabilitas Sensorik Netra (PPSDSN) Penganthi Temanggung, Jawa Tengah, mengikuti pelatihan barista diselenggarakan Sekolah Kopi Gemawang.Dalam kegiatan di Aula PPSDSN Penganthi Temanggung, Sabtu (16/10). para penyandang disabilitas sensorik netra mengikuti pelatihan menyeduh kopi tersebut dengan antusias.

Pekerja sosial ahli muda PPSDSN Penganthi Sutarmi mengatakan selama ini penyandang disabilitas sensorik netra hanya sebagai konsumen, tetapi dengan adanya pelatihan ini mereka bisa menyeduh kopi secara mandiri. "Anak-anak kami yang disabilitas sensorik netra ini ternyata bisa juga membuat kopi secara mandiri dan nanti tujuan kami setelah mereka lulus dari sini, di samping mempunyai keterampilan pijat atau jadi terapis tetapi mereka juga bisa mengembangkan jiwa wirausaha sebagai barista," katanya.

Baca Juga

Sutarmi menjelaskan, pelatihan barista dari Sekolah Kopi Gemawang ini merupakan ilmu yang luar biasa untuk anak-anak disabilitas sensorik netra. "Kalau kopi diseduh orang dengan penglihatan normal itu sudah biasa, tetapi anak-anak disabilitas sensorik netra ini ternyata juga bisa sehingga mungkin konsumen akan lebih tertarik," katanya.

Ia menyampaikan terima kasih atas kerja sama dan kepedulian dari masyarakat Gemawang yang diprakarsai Camat Gemawang Marlini Tarigan. Camat Gemawang Marlini Tarigan menyampaikan anak-anak penyandang disabilitas netrabersemangat mengikuti pelatihan menyeduh kopi ini.

"Kami berharap pelatihan ini menjadi tambahan ilmu buat mereka, selain mendapat ilmu terapi pijat, nantinya mereka juga mempunyai ilmu tambahan penyeduhan kopi. Jadi setelah mereka selesai pendidikan di sini bisa buka praktik pijat, tetapi juga bisa tambahan penghasilan lain yaitu dari usaha perkopian," katanya.

Koordinator Sekolah Kopi Gemawang Sarwadi mengatakan keingintahuan para penyandang disabilitas netra di Panti Penganthitinggi. "Saya cermati minat mereka sangat tinggi, ingin tahu cara menyeduh kopi," katanya.

Ia menyebutkan dalam pelatihan ini diajarkan tiga teknis seduh kopi, yakni seduh tubruk dan V60. Peserta pelatihan PambayunSeto (27) menyampaikan pelatihan kopi bermanfaat bagi dirinya sebagai penyandang disabilitas netra. "Dengan mendapat ilmu tentang menyeduh kopi seperti ini kemampuan kami tidak hanya sebatas pijat atau terapis. Mudah-mudahan kami nantinya bisa mengembangkan kewirausahaan bidang perkopian ini," katanya.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement