Ahad 17 Oct 2021 06:34 WIB

BMKG: Waspada Hujan Disertai Petir di Sejumlah Wilayah

Sebagian provinsi di Indonesia berpotensi hujan pada Ahad (17/10).

Red: Agus raharjo
Kumpulan awan pekat menyelimuti perumahan penduduk Kota Lhokseumawe, Aceh, Kamis (30/9/2021). Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Aceh memperkirakan hujan dengan intensitas sedang hingga tinggi melanda wilayah Aceh menyusul telah masuknya musim hujan pada akhir September 2021 hingga akhir Januari 2022, Masyarakat diminta mewaspadai potensi bencana hidrometeorologi.
Foto: ANTARA/RAHMAD
Kumpulan awan pekat menyelimuti perumahan penduduk Kota Lhokseumawe, Aceh, Kamis (30/9/2021). Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Aceh memperkirakan hujan dengan intensitas sedang hingga tinggi melanda wilayah Aceh menyusul telah masuknya musim hujan pada akhir September 2021 hingga akhir Januari 2022, Masyarakat diminta mewaspadai potensi bencana hidrometeorologi.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA--Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) mengimbau masyarakat mewaspadai potensi terjadinya hujan disertai kilat/petir di sejumlah wilayah di Indonesia, Ahad. Imbauan tersebut disampaikan BMKG melalui informasi peringatan dini dalam laman BMKG.go.id, yang dikutip di Jakarta, Ahad dini hari.

Berdasarkan informasi BMKG, sejumlah wilayah Indonesia yang berpotensi terjadi hujan disertai kilat/petir, yakni di Aceh.Potensi hujan lebat dan hujan badai terjadi di wilayah Aceh Tamiang, Bener Meriah, Tangse, Pidi Jaya, Tripe Jaya dan sekitarnya. Di Bali, potensi hujan yang disertai petir dan angin kencang di wilayah Bali bagian tengah dan utara. Di Banten, waspadai potensi hujan sedang hingga lebat yang dapat disertai kilat/petir dan angin kencang di sebagian besar wilayah kabupaten/kota Lebak, Pandeglang bagian utara dan tengah, Serang bagian Selatan, Tangerang bagian Selatan, dan Kota Tangerang Selatan.

Di Bengkulu, waspadai potensi hujan dengan intensitas sedang hingga lebat dapat disertai kilat/petir dan angin kencang di wilayah Kabupaten/kota Mukomuko, Bengkulu Utara, Lebong, Rejang Lebong, Kepahiang, Kota Bengkulu, Bengkulu Tengah, Seluma, Bengkulu Selatan dan Kaur. Di DKI Jakarta, waspadai potensi hujan yang dapat disertai kilat/petir dan angin kencang dengan durasi singkat di sebagian wilayah Jakbar, Jaksel dan Jaktim pada siang dan sore hari.

Di Jambi, hujan sedang hingga lebat yang dapat disertai petir dan angin kencang berpotensi di wilayah kabupaten/kota Tanjung Jabung Timur, Tanjung Jabung Barat, Batanghari, Tebo, Bungo, Sarolangun, Merangin, Kerinci dan Kota Sungai Penuh. Di Jawa Barat, potensi hujan yang dapat disertai kilat/petir dan angin kencang antara siang/sore hingga dini hari di kabupaten/kota dan Bogor, Sukabumi, Bekasi, Cianjur, Depok, Purwakarta, Karawang, Bandung, Bandung Barat, Cimahi, Subang, Sumedang, Majalengka, Indramayu, Kuningan, Cirebon, Tasikmalaya, Ciamis dan Garut.

Di Jawa Timur, hujan intensitas sedang hingga lebat disertai petir dan angin kencang sesaat pada: siang-sore hari di wilayah kabupaten/kota Blitar, Malang, Batu, Probolinggo, Lumajang dan Bondowoso. Di Kalimantan Barat, potensi hujan yang disertai petir/kilat dan angin kencang berdurasi singkat. Hujan intensitas sedang hingga lebat berpotensi terjadi di sebagian wilayah kabupaten/kota: Sanggau, Mempawah, Pontianak, Kubu Raya, Kapuas Hulu, Kayong Utara, Ketapang, Singkawang, Bengkayang, Sekadau dan Landak.

Di Kalimantan Selatan, waspadai potensi hujan sedang hingga lebat yang dapat disertai kilat/petir dan angin kencang pada siang/sore hari di wilayah Kota Banjarmasin, Banjarbaru, Kabupaten Banjar, Hulu Sungai Selatan, Hulu Sungai Tengah, Hulu Sungai Utara, Tabalong, Balangan, Kotabaru, Tanah Bumbu, Tanah Laut, dan sekitarnya. Di Kalimantan Tengah, waspadai potensi hujan intensitas sedang hingga lebat yang dapat disertai kilat/petir dan angin kencang di sebagian besar wilayah Kalimantan Tengah. DiKalimantan Timur, waspadai potensi terjadinya hujan lebat disertai angin kencang dan kilat/petir di wilayah Muara Ancalong, Long Bagun, Kelay, Long Apari dan Maratua pada sore hari.

Di Kalimantan Utara, waspadai potensi hujan sedang hingga lebat yang dapat disertai kilat/petir dan angin kencang pada sore, malam, dan dini hari di wilayah Tulin Onsoi, Lumbis Ogong, Malinau Selatan Hilir, Sesayap, Malinau, Tana Tidung, Krayan Selatan, Lumbis, Tana Lia, Nunukan, Sei Menggaris, Tarakan, dan Bunyu. Di Lampung, waspadai potensi hujan lebat disertai kilat/petir dan angin kencang di Lamteng, Lambar, Lamtim, Tuba, Pesibar, dan Lambar pada sore dan malam hari.

Di Maluku hujan sedang-lebat disertai petir atau angin kencang sesaat berpotensi terjadi di Kota Ambon, Kabupaten: Maluku Tengah, Buru, Buru Selatan dan Seram, Seram bagian barat, Seram bagian timur, Kepulauan Aru dan Tanimbar. Di Nusa Tenggara Barat, waspadai potensi hujan yang disertai kilat/petir dan angin kencang di wilayah Mataram, Lombok Barat, Lombok Timur, Lombok Tengah, Lombok Utara, Sumbawa, Sumbawa Barat, Bima, dan Dompu pada siang hingga sore hari.

Di Nusa Tenggara Timur, waspadai potensi hujan yang dapat disertai Petir dan angin kencang berdurasi singkat pada siang-sore hari di wilayah Sumba Tengah, Sumba Barat dan Sumba Barat Daya. Di Riau, waspadai hujan dengan intensitas sedang hingga lebat yang dapat disertai petir dan angin kencang berpotensi terjadi di wilayah Kabupaten Kampar, Siak, Indragiri hulu, Bengkalis, Rokan Hulu, Rokan Hilir, Kepulauan Meranti, Pelalawan, dan Kabupaten Indragiri Hilir pada malam dan dini hari. Di Sulawesi Tengah berpotensi terjadi hujan dengan intensitas sedang hingga lebat disertai petir dan angin kencang di wilayah kabupaten/kota Palu, Sigi, Donggala, Poso, Morut, Parimo.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement