Ahad 17 Oct 2021 12:25 WIB

17 Misionaris AS Diculik di Haiti

17 misionaris Kristen AS dan keluarga mereka diculik kelompok kriminal.

Rep: Lintar Satria/ Red: Agung Sasongko
Haiti (ilustrasi)
Foto: AP/Dieu Nalio Chery
Haiti (ilustrasi)

REPUBLIKA.CO.ID,  PORT-AU-PRINCE--Surat kabar Amerika Serikat (AS) the New York Times melaporkan 17 misionaris Kristen AS dan keluarga mereka diculik kelompok kriminal atau geng di Haiti. Mengutip seorang pejabat keamanan, harian itu menambahkan anak-anak turut menjadi korban penculikan.

Pada Ahad (17/10) the New York Times melaporkan penculikan terjadi saat para misionaris itu meninggalkan sebuah panti asuhan. Haiti yan terletak di Kepulauan Karibia dilanda berbagai krisis salah satunya lonjakan angka kejahatan yang dilakukan geng atau kelompok kriminal.

Baca Juga

Mengutip pejabat setempat, The New York Times melaporkan para misionaris itu diculik dari bus yang hendak mengantar mereka ke bandara untuk menurunkan sejumlah anggota kelompok sebelum melanjutkan perjalanan di Haiti.

Di Washington, juru bicara Departemen Luar Negeri AS Jennifer Viau mengatakan 'kami akan menyelidiki ini'. Kedutaan Besar AS di Haiti belum merespon permintaan komentar di luar jam kerja.

Juru bicara kepolisian Haiti mengatakan ia sedang mencari informasi mengenai masalah ini. Laporan the New York Times tidak mengungkapkan detail para misionaris yang diculik atau dari gereja mana mereka berasal.

Lonjakan kekerasan geng memaksa ribuan orang mengungsi dan menghambat aktivitas ekonomi negara termiskin di benua Amerika itu. Kekerasan merajalela setelah pembunuhan Presiden Jovenel Moise bulan Juli dan gempa bumi yang menewaskan 2.000 orang pada Agustus lalu.

Advertisement
Yuk Ngaji Hari Ini
اِلَيْهِ مَرْجِعُكُمْ جَمِيْعًاۗ وَعْدَ اللّٰهِ حَقًّاۗ اِنَّهٗ يَبْدَؤُا الْخَلْقَ ثُمَّ يُعِيْدُهٗ لِيَجْزِيَ الَّذِيْنَ اٰمَنُوْا وَعَمِلُوا الصّٰلِحٰتِ بِالْقِسْطِۗ وَالَّذِيْنَ كَفَرُوْا لَهُمْ شَرَابٌ مِّنْ حَمِيْمٍ وَّعَذَابٌ اَلِيْمٌ ۢبِمَا كَانُوْا يَكْفُرُوْنَ
Hanya kepada-Nya kamu semua akan kembali. Itu merupakan janji Allah yang benar dan pasti. Sesungguhnya Dialah yang memulai penciptaan makhluk kemudian mengulanginya (menghidupkannya kembali setelah berbangkit), agar Dia memberi balasan kepada orang-orang yang beriman dan mengerjakan kebajikan dengan adil. Sedangkan untuk orang-orang kafir (disediakan) minuman air yang mendidih dan siksaan yang pedih karena kekafiran mereka.

(QS. Yunus ayat 4)

Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement