Clock Magic Wand Quran Compass Menu

Babak Pertama, PSM Vs Bali United tanpa Gol

Laga PSM vs Bali United berlangsung sengit, tapi tak ada peluang yang bisa jadi gol.

Red: Israr Itah
Rep: Afrizal Rosikhul Ilmi
BRI Liga 1
Dok Liga Indonesia Baru BRI Liga 1

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Babak pertama antara PSM Makassar melawan Bali United berakhir imbang 0-0. Laga lanjutan BRI Liga 1 2021/2022 yang digelar di Stadion Sultan Agung Bantul, Ahad (17/10) sore WIB berlangsung sengit tapi tidak ada peluang yang berhasil dikonversi menjadi gol oleh kedua tim hingga turun minum. 

Kedua tim sama-sama mencoba menemukan ritme permainan di menit-menit awal. Hingga di menit keempat PSM melalui Ilham Udin Armaiyn berhasil menembus lini pertahanan dan mengumpan kepada Saldi di depan gawang. Namun pergerakan Saldi terlambat untuk memaksimalkan umpan tersebut. 

Sejurus kemudian, serangan balasan dilakukan Bali, Melvin Platje menekan hingga kotak penalti PSM. Upaya pertamanya dihentikan oleh Hasic di depan gawang tapi masih lebih dekat kepada Melvin yang mencoba sekali lagi melepaskan tembakan ke gawang. Sayang, bola masih mengenai mistar dan diamankan oleh kiper Hilman Syah. 

Scroll untuk membaca

Pada menit kedelapan, Bali mendapat peluang dari tendangan bebas tak jauh dari kotak penalti. Eber Besa mengeksekusi bola mati tapi masih membentur pemain PSM dan menghasilkan tendangan sudut. Umpan dari sudut gagal disambut pemain PSM di kotak penalti. 

Bola selanjutnya berada dalam penguasaan Brwa Nouri di bagian tengah pertahanan PSM. Ia melepaskan tembakan jarak jauh langsung ke arah gawang. Beruntung bagi PSM, bola gantung yang mengarah ke sudut atas gawang berhasil ditepis keluar oleh Hilman Syah. 

Kedua tim bermain ofensif dan jual beli serangan pun terjadi dengan cepat. Peluang terus hadir di area pertahanan dari masing-masing tim. Permainan ketat dengan tempo tinggi dipertontonkan dalam pertandingan ini.

Pada menit ke-17 Ilham dengan serangan yang dibangun dari sisi kiri berhasil mendorong pertahanan Bali hingga ke kotak penalti. Dari sudut sempit, Ilham mencoba melepaskan tembakan ke tiang dekat dengan kaki kirinya. Namun, upaya itu masih meleset dari sasaran. 

Bali United juga berkali-kali mendapat peluang emas meraka dari umpan-umpan terobosan ke gawang. Pada menit ke-27 Yabes Roni melakukan penetrasi ke sisi kanan kotak penalti. Namun umpannya ke tengah gawang gagal disambut oleh pemain Bali dan bola kembali dikuasai oleh PSM. 

Pada menit ke-29 peluang emas dimiliki Yakob di sisi kanan serangan. Tapi penyelesaian akhirnya dengan tendangan dari sudut sempit ke tiang dekat masih terlalu tinggi dan hanya menghasilkan tendangan gawang. 

Sejurus kemudian, ancaman diberikan Bali ke gawang PSM dari situasi tendangan sudut. Upaya dari Rizky mendatar ke sisi kanan gawang tapi masih membentur tiang. Gelombang serangan terus diberikan Bali, tapi penyelamatan penting dilakukan Hilman saat menepis bola kejutan dari tandukan ketika menerima tendangan bebas. 

PSM mendapat hadiah tendangan bebas di menit ke-37. Pluim mengambil alih tendangan bola mati tersebut dengan umpan mendatar ke tengah kotak penalti. Namun peluang ini tidak menghasilkan apa-apa. 

Dua menit berselang, Saldi menerima umpan dari Pluim yang menekan ke area pertahanan Bali. Saldi kemudian mencari ruang dan melepaskan tembakan dari kotak penalti PSM, tapi tendangannya masih bisa diamankan oleh Wawan Hendrawan. 

Tempo permainan sedikit menurut di menit ke-40, meskipun kedua tim masih terus berupaya menciptakan bahaya ke gawang lawan. Sayang, tidak ada peluang yang berhasil dikonversi menjadi gol hingga turun minum. Babak pertama berakhir dengan skor 0-0. 

Daftar Susunan Pemain: 

PSM (3-4-3)

Hilman Syah (kiper); Hasim Kipuw, Zulkifli Syukur, Abdul Rahman; Bektur Talgat Uulu, Saldi, Sarif Hasic, Sutanto Tan; Willem Jan Pluim, Ilham Udin Armaiyn, Yakob Sayuri. 

Cadangan: M. Reza, Dolly Ramadhan, Gultom, Erwin Gutawa, Syahrul Mustofa, Yance Sayuri, M. Arfan, Fajar Handika, Muh. Rizky Eka, Rasyid Bakri, Ikhwan Azka Fauzi. 

Pelatih: Milomir Seslija

Bali United (3-4-3)

Wawan Hendrawan (kiper); Andhika Wijaya, Leonard Tupamahu, Ricky Fajrin; Willian Pacheco, Brwa Nouri, Eber Bessa, Rizky Pellu; Melvin Platje, Ilija Spasojevic, Yabes Roni. 

Cadangan: Nadeo Winata, Dias Angga Putra, Haudi Abdillah, Michael Yansen Orah, Fadil, Hariono, Kadek Agung, Lerby Pong Babu, Moch Fahmi Al Ayyubi, Stefano Lilipaly. 

Pelatih: Stefano Cugurra 

BACA JUGA: Ikuti News Analysis Isu-Isu Terkini Persepektif Republika.co.id

Berita Lainnya

Berita Terkait

Pelatih Bhayangkara Buka Suara Atas Insiden di Bench

liga-indonesia - 17 October 2021, 05:21

Lawan PSM, Bali United Lihat Peluang Rotasi Pemain

liga-indonesia - 17 October 2021, 02:27

Teco: Bali United Waspadai Gempuran PSM Makassar

liga-indonesia - 17 October 2021, 00:47

Milo Siap dengan Situasi tak Ideal PSM Lawan Bali United

liga-indonesia - 17 October 2021, 00:25

Live; Persib Taklukan Pemuncak Klasemen

liga-indonesia - 16 October 2021, 22:51

Berita Rekomendasi

Video

>

Berita Terpopuler

>