Clock Magic Wand Quran Compass Menu

6 Strategi Agar Pembelajaraan Efektif Selama Pandemi

Pembelajaran harus maksimalkan teknologi dengan materi menarik.

Red: Agung Sasongko
Rep: Ratna Ajeng Tedjomukti
Puluhan siswa menunggu giliran masuk ke ruangan kelas saat mengikuti pembelajaran tatap muka (PTM) dengan menerapkan protokol kesehatan di SD Negeri 18 Pemecutan, Denpasar, Bali, Jumat (1/10/2021). PTM terbatas yang digelar perdana pada Jumat (1/10/2021) bagi semua jenjang satuan pendidikan di Denpasar tersebut menerapkan protokol kesehatan dengan mengatur jumlah siswa 50 persen dari kapasitas ruangan dan pihak sekolah tetap menyediakan pembelajaran secara online atau daring bagi siswa yang tidak mengikuti PTM.
ANTARA/Nyoman Hendra Wibowo Puluhan siswa menunggu giliran masuk ke ruangan kelas saat mengikuti pembelajaran tatap muka (PTM) dengan menerapkan protokol kesehatan di SD Negeri 18 Pemecutan, Denpasar, Bali, Jumat (1/10/2021). PTM terbatas yang digelar perdana pada Jumat (1/10/2021) bagi semua jenjang satuan pendidikan di Denpasar tersebut menerapkan protokol kesehatan dengan mengatur jumlah siswa 50 persen dari kapasitas ruangan dan pihak sekolah tetap menyediakan pembelajaran secara online atau daring bagi siswa yang tidak mengikuti PTM.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Ketua Komisi Pendidikan dan Kaderisasi MUI Prof Armai Arif mengatakan setidaknya adan enam trategi pembelajaran di era covid.

"Pertama, kita harus ubah pemikiran tentamg covid-19 sehingga tidak putus asa dan pendidikan terus berjalan karena sebagai umat beragama menuntut itu wajib bagi setiap muslim," ujar dia dalam webinar Strategi dan inovasi pembelajaran di masa pandemi covid-19, Sabtu (16/10).

Kedua, ketika pemikiran berubah maka pendidik akan menjawab tantangan agar menjadi motivasi. Prof Armai mengingatkan untuk tidak berbicara tatap muka jika tidak bisa menjaga prokes. 

Scroll untuk membaca

Ketiga motivasi. Bahwa perlu adanya dorongan belajar itu diperlukan keharusan bersama.  Sehingga tak lagi peduli dengan kejenuhan dan putus asa. 

Keempat, keterbukaan literasi. Literasi sangat beragam diantaranya literasi digital numerasi, baca tulis sains, budaya dan finansial  yang harus dikembangkan.

Kelima, pembelajaran online. Guru harus mengoptimalkan pembelajaran daring agar anak senang belajar walau di rumah. 

 

 

Update Berita-Berita Politik Persepektif Republika.co.id

Berita Lainnya

Berita Terkait

Kota Tegal Mantap Lakukan PTM Terbatas

jateng-jatim - 17 October 2021, 15:48

Sekjen MUI: Patuhi Prokes Agar Sekolah bisa Tatap Muka 

khazanah - indonesia - 17 October 2021, 15:34

Pelaksanaan PTM SD di Tangerang Belum Dapat Rekomendasi

jabodetabek-nasional - 17 October 2021, 07:20

Tes Swab Antigen di Sekolah Penyelenggara PTM Terbatas (2)

nasional-inpicture - 15 October 2021, 14:00

Tes Swab Antigen di Sekolah Penyelenggara PTM Terbatas (1)

nasional-inpicture - 15 October 2021, 13:59

Berita Rekomendasi

Video

>

Berita Terpopuler

>