Monday, 7 Rabiul Awwal 1444 / 03 October 2022

Monday, 7 Rabiul Awwal 1444 / 03 October 2022

7 Rabiul Awwal 1444
  • JELANG HUT BHAYANGKARA KE-76,< POLRI MENGADAKAN LOMBA MENEMBAK PATI TNI-POLRI BERSAMA INSAN PERS 10-11 JUNI 2022 DI BRIMOB KELAPA DUA

Penyelam Temukan Pedang yang Dipakai Saat Perang Salib

Rabu 20 Oct 2021 13:18 WIB

Rep: Haura Hafizhah/ Red: Dwi Murdaningsih

Suasana perang salib memperebutkan Yerusalem.

Suasana perang salib memperebutkan Yerusalem.

Foto: wikipedia
Pedang berusia 900 tahun itu ditekukan di pantai Israel.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Seorang penyelam di pantai Israel bernama Sholomi Katzin menemukan pedang tentara salib berusia 900 tahun. Penyelam itu membawa pedang itu kembali ke pantai lantaran khawatir temuan itu akan terkubur. Dia kemudian memberikannya kepada inspektur Unit Pencegahan Perampokan Distrik Utara Otoritas Barang Antik Israel.

"Itu ditemukan bertatahkan organisme laut tetapi tampaknya terbuat dari besi. Sangat menyenangkan untuk menemukan objek pribadi seperti itu, membawa Anda 900 tahun yang lalu ke era yang berbeda, dengan ksatria, baju besi dan pedang," kata pihak Inspektur di Unit Pencegahan Perampokan Otoritas, Nir Distelfeld dikutip dari foxnews, Rabu (20/10).

Baca Juga

Daerah di mana pedang itu ditemukan dilaporkan menyediakan tempat berlindung bagi kapal-kapal kuno dan merupakan asal dari banyak harta arkeologi yang berusia ribuan tahun.

Sementara itu, Direktur Unit Arkeologi Kelautan Otoritas Barang Antik Israel Kobi Sharvit mengatakan penemuan arkeologi di situs menunjukkan itu berfungsi sebagai jangkar alami kecil sementara untuk kapal yang mencari perlindungan. 

"Identifikasi berbagai temuan menunjukkan bahwa jangkar digunakan pada zaman perunggu akhir, 4.000 tahun yang lalu. Penemuan baru-baru ini dari  pedang menunjukkan kalau teluk alami juga digunakan pada periode tentara salib sekitar 900 tahun yang lalu," kata dia.

Diketahui, Perang Salib berlangsung dari akhir abad ke-11 hingga akhir abad ke-13. Pedang bertatahkan cangkang akan dibersihkan dan dianalisis lebih lanjut. Penyelam Katzkin dianugerahi sertifikat penghargaan untuk kewarganegaraan yang baik. Hukum Israel mengharuskan setiap artefak yang ditemukan dikembalikan ke negara itu.

BACA JUGA: Ikuti News Analysis Isu-Isu Terkini Persepektif Republika.co.id
 
 
 
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

f
 

BERITA LAINNYA

 
hide ads show ads
desktop mobile