Jumat 22 Oct 2021 15:33 WIB

PLN Akuisisi EMI untuk Genjot EBT

EMI akan mendukung inisiatif dekarbonisasi menuju ekonomi hijau di Indonesia.

Rep: Intan Pratiwi/ Red: Friska Yolandha
PT PLN (Persero) resmi mengakuisisi PT Energy Management Indonesia (EMI) sebagai anak usaha yang khusus mengembangkan energi baru terbarukan (EBT) dan dekarbonisasi.
Foto: ANTARA/Basri Marzuki
PT PLN (Persero) resmi mengakuisisi PT Energy Management Indonesia (EMI) sebagai anak usaha yang khusus mengembangkan energi baru terbarukan (EBT) dan dekarbonisasi.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- PT PLN (Persero) resmi mengakuisisi PT Energy Management Indonesia (EMI) sebagai anak usaha yang khusus mengembangkan energi baru terbarukan (EBT) dan dekarbonisasi. Direktur Utama PLN Zulkifli Zaini menjelaskan keikutsertaan EMI akan mendukung inisiatif dekarbonisasi menuju ekonomi hijau di Indonesia sekaligus merealisasikan Rencana Umum Energi Nasional (RUEN) yang telah ditetapkan pemerintah. 

Adapun PLN memiliki target dekarbonisasi sebesar 117 juta ton karbon dioksida sampai 2025. Perseroan berkomitmen untuk mencapai target tersebut melalui pembangunan pembangkit energi baru terbarukan sebesar 5 GW pada 2024, peningkatan co-firing biomassa pada PLTU dengan target 1,8 GW tahun 2025, dan penggantian pembangkit diesel dengan energi terbarukan sebesar 0,6 GW. 

Dalam pelaksanaan dekarbonisasi tersebut, EMI akan turut dan berkontribusi sebesar 3,29 juta ton karbon dioksida. Selain itu, EMI akan berperan dalam dekarbonisasi 4,19 juta ton karbon dioksida di luar PLN.

"Sebagai Energy Service Company, EMI akan berperan membantu pemerintah pusat dan daerah, BUMN, pengusaha swasta, UMKM maupun masyarakat," ujar Zulkifli, Jumat (22/10).

EMI akan bertugas dalam menyusun kebijakan dan master plan, menyusun solusi engineering untuk konservasi, mengembangkan energi baru terbarukan skala kecil, dan perencanaan serta implementasi solusi terkini infrastruktur bisnis dan ritel yang ramah lingkungan.

Dengan bergabungnya EMI sebagai anak perusahaan PLN, Zulkifli berharap empat sasaran utama perseroan dapat tercapai yaitu energi EMI dengan PLN, peningkatan kapasitas dan kapabilitas, ekspansi bisnis konservasi ke pasar eksternal, dan penciptaan nilai keseluruhan ekosistem energi nasional. PLN memproyeksikan EMI akan memperoleh pendapatan sebesar Rp 8 triliun pada 2025 atau secara akumulatif sebesar Rp 13 triliun dengan keberhasilan transformasi sebagai perusahaan jasa energi terkemuka di Indonesia. 

"Kami sampaikan permohonan dukungan dari seluruh stakeholder bagi EMI untuk mewujudkan visi sebagai Energy Service Company nasional dan pilihan konsumen Asia Tenggara untuk mempercepat program dekarbonisasi nasional menuju ekonomi hijau Indonesia," ucap Zulkifli.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement