Ahad 21 Nov 2021 13:02 WIB

3 Keutamaan Puasa Sunnah Senin dan Kamis

Puasa Senin dan Kamis punya banyak faedah dan keutamaan.

Red: Joko Sadewo
Foto: republika
Keutamaan puasa Senin-Kamis

REPUBLIKA.CO.ID, 3 Keutamaan Puasa Sunnah Senin dan Kamis

Salah satu sunnah yang diajarkan Nabi Muhammad SAW ialah puasa Senin dan Kamis. //Shaum// yang dilakukan pada dua hari itu memiliki banyak faedah dan keutamaan.

Berikut ini sejumlah keutamaan puasa Senin dan Kamis yang menjadi salah satu kebiasan Rasulullah SAW. Berikut penjelasannya:

>Kebiasaan Nabi

Rasulullah SAW terbiasa mengamalkan puasa sunnah Senin dan Kamis. Inilah salah satu amalan nonwajib yang tidak pernah beliau tinggalkan. Ummul Mu`minin `Aisyah RA memberikan kesaksian, Nabi SAW menjaga puasa Senin dan Kamis.

>Naiknya Amalan

Dua hari itu disebut pula sebagai momen naiknya catatan amal tiap hamba Allah SWT. Karena itu, alangkah bagusnya bila ketika penyetoran amalan berlangsung, diri ini sedang berpuasa sunah. HR Usamah bin Zaid. Rasulullah bersabda, “Sesungguhnya amalan para hamba disampaikan pada Senin dan Kamis.”

> Manfaat sehat 

Kebanyakan ibadah juga berdampak pada kesehatan rohani dan jasmani. Jamal Muhammad Az-Zaki dalam buku //Sehat dengan Ibadah// menjelaskan, puasa-wajib maupun sunnah seseorang menahan diri dari amarah.Karena itu, kondisi psikis pun menjadi lebih tenang. Puasa juga memperkuat sistem kekebalan tubuh dan berpotensi mencegah obesitas.

Penulis: Hasanul Rizka/Nashih Nashrullah

Sumber: republika/berbagai sumber

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement