Rabu 27 Oct 2021 21:09 WIB

Biden Kucurkan USD100 Juta Perkuat Hubungan AS-ASEAN

Biden mengatakan ASEAN adalah arsitektur regional sentral dari Indo Pasifik

Red: Christiyaningsih
Biden mengatakan ASEAN adalah arsitektur regional sentral dari Indo Pasifik.
Biden mengatakan ASEAN adalah arsitektur regional sentral dari Indo Pasifik.

REPUBLIKA.CO.ID, WASHINGTON - AS akan menginvestasikan USD100 juta melalui program untuk meningkatkan kerja sama dengan negara-negara ASEAN, ucap Presiden Joe Biden pada Selasa.

Berbicara pada KTT AS-ASEAN virtual, Biden menyebut hubungan antara AS dan ASEAN "penting" dan kemitraan itu penting untuk mempertahankan Indo-Pasifik yang bebas dan terbuka. Dia mengatakan memperdalam kerja sama, berinvestasi "di negara kita", dan mendorong "kemakmuran inklusif di wilayah kritis ini."

Baca Juga

“Faktanya, kami bermaksud meluncurkan program dan inisiatif baru untuk meningkatkan kerja sama kami di berbagai masalah dengan total lebih dari USD100 juta,” kata Biden.

Biden mengatakan ASEAN adalah "arsitektur regional sentral dari Indo Pasifik" dan AS berkomitmen terhadap sentralitas ASEAN. "Ini adalah kunci utama untuk menjaga ketahanan, kemakmuran, dan keamanan wilayah kita bersama," tambah dia.

Sebelumnya, Gedung Putih mengatakan Biden akan mengumumkan inisiatif baru hingga USD102 juta untuk memperluas kemitraan AS-ASEAN.

Inisiatif akan mencakup kesehatan, perubahan iklim dan ekonomi, antara lain

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement