Kamis 28 Oct 2021 07:06 WIB

Timnas Basket Putri Incar Promosi ke Divisi A FIBA Asia Cup

FIBA Women's Asia Cup 2021 Divisi B digelar di Amman, Yordania, pada 7-13 November.

Red: Israr Itah
Timnas basket putri.
Foto: Dok PP Perbasi
Timnas basket putri.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Timnas basket putri Indonesia mengincar tiket promosi ke Divisi A FIBA Women's Asia Cup. Timnas basket putri akan berlaga di FIBA Women's Asia Cup 2021 Divisi B di Amman, Yordania, pada 7-13 November 2021. Kekuatan srikandi Merah-Putih sudah hampir terkumpul 100 persen setelah latihan dua bulan di Surabaya sejak 6 September lalu. Mereka yakin bisa mewujudkan target promosi ke Divisi A.

"Persiapan kami sudah hampir 100 persen. Selama persiapan kami melakukan lima kali sparring partner. Lawan kami CLS KU-23 dan BBM CLS Knight," kata asisten pelatih timnas basket putri July Wong. 

Baca Juga

Persiapan lama tersebut telah menghasilkan skuad yang diklaim bisa bersaing di ajang tersebut. Sebanyak 12 roster sudah dipilih pelatih Lin Chi Wen.

"Ini roster terbaik pilihan coach. Kita sudah siap bersaing," kata July, dalam keterangan media PP Perbasi, Kamis (28/10).

FIBA Women's Asia Cup 2021 terbagi dalam dua grup. Grup A ada Lebanon, Suriah, dan Iran. Sementara Indonesia berada satu grup dengan Kazakhstan dan tuan rumah Yordania di Grup B. Para srikandi bola basket Indonesia akan berjuang di penyisihan Grup B mulai melawan runner up Divisi B 2017 Kazakhstan pada 7 November. Sehari kemudian menghadapi Yordania. 

Juara di masing-masing grup langsung ke semifinal. Kemudian peringkat dua dan tiga akan saling sikat untuk  memperebutkan dua tiket sisa ke semifinal. Juara di Divisi B akan naik kasta ke Divisi A.

Divisi A baru saja menyelesaikan pertarungan dengan menahbiskan Jepang sebagai juara. Sementara India terdegradasi ke Divisi B. Pemenang Divisi B ini akan mengisi slot yang ditinggalkan India di Divisi A. 

"Lawan kita Yordania dan Kazakhstan di Pool B adalah tim kuat. Mereka memiliki kelebihan dalam postur tubuh yang gede. Namun kami tidak akan menyerah. Kami akan ajak mereka main cepat karena mereka agak kurang disiplin," kata July yang pernah menangani timnas putri 3x3 di Turnamen Kualifikasi Olimpiade Tokyo ini.

July percaya diri dengan kekuatan yang ada saat ini bisa mewujudkan target di FIBA Women's Asia Cup 2021. "Target kami tentu ingin promosi ke Divisi A. Mohon dukungan dan doanya dari masyarakat Indonesia," kata July.

 

Sekjen PP Perbasi Nirmala Dewi menerangkan federasi siap mendukung perjuangan timnas basket putri di FIBA Women's Asia Cup 2021. "Kami berharap para pemain berjuang dengan ekstra untuk mewujudkan target promosi ke Divisi A. Kami selalu ada dan siap mendukung perjuangan timnas karena timnas adalah representasi dari negara," jelas Nirmala.

Roster 12 Pemain Timnas Basket Putri

Lea Elvensia Wolobubo Kahol

Agustin Elya Gradita Retong

Kadek Pratita Citta Dewi

Priscilla Annabel Karen

Sumiati

Yuni Anggraeni

Mega Nanda Perdana Putri

Nathania Claresta Orville

Gabriel Sophia

Henny Sutjiono

Kimberley Pierre louis

Angelica Jennifer Candra

Pemain yang tidak Dibawa

Felichia Huang Alvira

Aimee Tampu Francienne

Jovita Elizabeth Simon

Natasya Amelia

Annisa Widyarni (Cedera)

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement